Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Bangunan Unik di Dunia

Kompas.com - 16/09/2015, 12:22 WIB
Nathania Hapsari

Penulis

Sumber BuzzFeed

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa negara di dunia memiliki gedung-gedung berdesain menakjubkan yang tak jarang menjadi ikon. Namun ternyata, di balik popularitas gedung-gedung tersebut, ada fakta-fakta menarik yang semakin mempertegas keunikannya.

Berikut gedung ikonik sekaligus unik:

amusingplanet.com Gedung Capital Gate, Abu Dhabi

1. Capital Gate

Salah satu gedung tertinggi di Abu Dhabi ini mendapat predikat “Menara termiring di dunia yang dibuat oleh manusia” dari Guinnes Book of World Record. Capital Gate punya sudut kemiringan hingga 18 derajat, mengalahkan kemiringan Menara Pisa.


slate.com Global Seed Vault, Norwegia

2. Global Seed Vault

Terbilang canggih karena dilengkapi dengan pintu tahan ledakan, ruang kedap udara, serta sensor, gedung yang didirikan di Norwegia ini menjadi tempat penyimpanan bibit varietas. Bibit ini nantinya akan digunakan untuk penanaman kembali bila sewaktu-waktu terjadi bencana global.

lolsnaps.com Crooked House

3. Crooked House

Rumah yang ada di kota Staffordshire, Inggris ini, punya kemiringan tanah yang menjadikan tampilannya ganjil. Salah satu sisi lahannya lebih rendah empat kaki dibanding sisi lainnya. Perbedaan ketinggian ini disebabkan pergerakan tanah akibat aktivitas penambangan di wilayah tersebut.

huffpost.com Piano House, China

4. Piano House

Sesuai dengan namanya, hunian satu ini mengadaptasi bentuk piano, termasuk warna hitam mengilapnya yang khas. Sisi depan bangunan juga dihiasi biola raksasa berbahan kaca. Bagian atas piano berfungsi sebagai kanopi yang menaungi teras atas rumah yang dibangun di China tersebut.

dailymail.co.uk Crazy House, rumah dengan arsitektur yang mendobrak teori sudut dan simetris.

5. Crazy House

Terinspirasi oleh bentuk-bentuk struktur yang ada di alam dan keindahan lingkungan sekitarnya, bangunan yang didirikan di Vietnam ini berfungsi sebagai guesthouse. Bahkan keunikannya membuat siapa yang melihatnya akan teringat dengan bangunan-bangunan karya arsitek Dali dan Gaudi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com