Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Sederhana Membuat Ruangan Wangi Seketika

Kompas.com - 12/09/2015, 17:00 WIB
Nathania Hapsari

Penulis

Sumber Ehow

JAKARTA, KOMPAS.com - Butuh wewangian yang menenangkan atau sekadar ingin membangkitkan suasana tertentu dengan aroma yang menyenangkan, Anda tidak harus selalu mengandalkan semprotan pewangi kimiawi.

Anda bisa buat sendiri pewangi ruangan dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan tentunya lebih murah.

1. Hangat dan manis

Keringkan jeruk, cengkih, dan kayu manis hingga kaku. Tempatkan di dalam mangkuk kayu dan tambahkan sedikit minyak rempah. Campuran ini akan menghasilkan wangi yang hangat dan manis.

2. Lilin wangi

Tak perlu membeli, Anda bisa buat sendiri lilin wangi dengan cara yang praktis. Pilihlah bunga-bunga tertentu dengan wangi yang Anda sukai dan tempatkan potongan-potongan kecilnya di dalam wadah. Lelehkan lilin dan tuangkan ke dalam wadah potongan bunga hingga tiap potongan benar-benar terbungkus. Selain bunga, Anda juga bisa gunakan biji kopi yang tak kalah wangi.

Terakhir, bekukan di dalam lemari es. Anda bisa tempatkan lilin-lilin ini di sudut rumah sebagai penghias ruangan.

3. Minyak esensial

Menggunakan minyak esensial jauh lebih efektif dibanding pewangi semprot karena aroma minyak esensial lebih tahan lama. Jangan ragu untuk memadukan dua hingga tiga jenis minyak esensial untuk mendapatkan wangi yang diinginkan.

Tempatkan dalam wadah keramik yang dapat dipanaskan dengan lilin, agar minyak esensial dapat menguap lebih cepat. Biarkan uapnya memenuhi ruang hingga wanginya merata.

4. Sitrus

Untuk menciptakan aroma yang segar, Anda bisa manfaatkan jeruk jenis apapun. Potong-potong jeruk hingga muat untuk dimasukkan ke dalam panci kecil. Tambahkan air dan beberapa helai daun mint. Rebus dan pindahkan ke dalam wadah kaca. Letakkan di tengah ruang dan biarkan aromanya menyegarkan hunian.

5. Bunga hias

Salah satu cara yang paling praktis adalah dengan memajang beberapa bunga hias yang memang memiliki wewangian khas. Contohnya adalah bunga lavender, rosemary, dan daun salam. Padu-padankan ketiganya dan tempatkan dalam vas cantik.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ehow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com