Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Titik Utama Dapur yang Harus Dibersihkan

Kompas.com - 12/09/2015, 15:00 WIB
Nathania Hapsari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruang di rumah yang paling rentan kotor. Bagaimana tidak, aktivitas memasak dan menyiapkan hidangan tentu meninggalkan banyak sisa makanan dan noda.

Tidak hanya area cuci piring ataupun tempat sampah, melainkan juga area lainnya. Dari keseluruhan area dapur, ada lima titik utama yang harus Anda utamakan pula pembersihannya.

1. Jendela

Bukan hanya meja dapur atau counter top  yang terciprat, kadang jendela dapur juga terkotori oleh tangan-tangan anak ataupun binatang peliharaan. Sempatkan untuk membersihkan kaca jendela dapur dengan lap basah atau dengan sedikit tambahan sabun cuci piring.

2. Permukaan kabinet

Proses pengolahan bahan makanan sering meninggalkan tetes-tetes makanan atau minuman pada permukaan meja kabinet dapur. Bersihkan sebelum menjadi kerak yang membandel dan lebih sulit dihilangkan.

3. Lekukan kabinet dapur

Kabinet dapur umumnya memiliki lekukan-lekukan pada permukaan pintu atau bagian tepinya. Lekukan ini sering menjadi tempat menumpuknya debu. Bersihkan debu-debu tersebut agar tidak beterbangan dan mengotori makanan Anda.

4. Oven listrik

Salah satu peralatan masak yang sering terlupakan untuk dibersihkan adalah oven listrik atau micowave. Ketika digunakan, tak jarang bagian dalam microwave terkotori oleh cipratan makanan yang dihangatkan di dalamnya.

Anda bisa gunakan campuran air dan sabun pembersih yang dihangatkan hingga menguap di dalam microwave, untuk melunturkan noda dan kerak yang menempel.

5. Pintu lemari es

Setiap harinya, hampir seluruh anggota keluarga menyentuh atau memegang pegangan pintu lemari es untuk membukanya. Baik dengan tangan yang bersih ataupun kotor, pegangan pintu lemari es lama kelamaan akan kotor. Bersihkan secara berkala agar bagian tersebut tidak menjadi tempat berkembangnya kuman.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com