Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mal Terbesar di Selandia Baru Hanya 2 Persen Luas Mal Taman Anggrek

Kompas.com - 01/09/2015, 18:18 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com — Selandia Baru akan memiliki mal terbesar dengan nilai konstruksi 160 juta dollar AS (Rp 2,2 triliun). Mal bernama NorthWest Shopping Centre ini berukuran 8.000 meter persegi atau hampir satu hektar.

Mal tersebut dirancang dua tingkat, memiliki akses internal dan akses utama dari sudut Maki St dan Tawhia Drive. Busana, kosmetik, dan barang-barang lainnya dijual di lantai dasar. Sementara itu, area peralatan rumah tangga berada di lantai satu.

Chief Executive DNZ Property Fund, Peter Alexander, mengatakan, desainnya mencerminkan arsitektur Barat, terutama pasir serta cahaya putus-putus di lantai, dinding, dan langit-langit. Ruang internal yang utama memiliki tinggi hingga 7 meter, dan sebagian dibalut bilah kayu.

Ruangan paling besar, yakni seluas 150 meter persegi, dirancang untuk area bermain dengan dinding kaca. Di samping itu, mal ini juga memiliki lima area yang terpisah untuk ibu menyusui dan dirancang untuk memberikan privasi.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan Indonesia, luas mal NorthWest Shopping tidaklah seberapa. Sebut saja Mal Taman Anggrek. Mal yang dibangun PT Mulia Intipelangi ini memiliki luas total 360.000 meter persegi. Fasilitas yang terkenal di dalamya adalah arena ice skating. Dengan luas tersebut, artinya NorthWest Shopping hanya dua persen dari luas Mal Taman Anggrek.

Selain itu, berturut-turut setelah Mal Taman Anggrek, mal terbesar di Indonesia adalah Mall Artha Gading dan Grand Indonesia. Masing-masing dirancang seluas 270.000 meter persegi dan 250.000 meter persegi. Ada pula Lippo Mall Puri St Moritz dengan luas 450.000 persegi.

Pelambatan

Menurut data Colliers International Indonesia, Indonesia tengah mengalami pelambatan penambahan mal-mal baru hingga kuartal-IV 2014. Mal yang akan muncul dalam waktu dekat adalah Mall Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara, Neo Soho Mall di Podomoro City, New Harco Plaza, Shopping Mall di Pancoran, dan One BelPark Mall di Fatmawati, Jakarta Selatan. Mal-mal ini masih dalam pembangunan dan diperkirakan akan selesai pada medio 2016-2017.

Dari semua mal ini, hanya PIK yang akan dibuka pada akhir 2015 atau awal 2016 dengan luas 30.000 meter persegi. Sementara itu, Shopping Mall di Pancoran memiliki luas 8.000 meter persegi, Soho Mall 40.000 meter persegi, dan One BelPark 23.000 meter persegi. Mal terbesar yang dibuka dalam waktu mendatang adalah AEON Mall Garden City di Cakung, yaitu seluas 90.000 meter persegi. Mal ini diprediksi akan dibuka pada 2018.

Sementara itu, di area pinggiran Jakarta, mal paling besar yang baru saja dibuka adalah Aeon Mall BSD City dengan luas 75.000 meter persegi. Letak mal ini tepatnya di Serpong, Tangerang. Dalam kurun waktu tiga tahun mendatang, sekitar 14 mal akan dibuka di Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Salah satu yang terbesar adalah Lippo Grand Mall di Karawaci Tangerang dengan luas 120.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com