Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat... Hanya Lokasi Strategis yang Bikin Apartemen Bernilai Tinggi!

Kompas.com - 01/09/2015, 08:34 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Alasan paling kuat saat apartemen memiliki riwayat dengan harga tinggi adalah lokasinya. Meski bangunan sederhana, apartemen yang berada di pusat kota dan dekat kawasan bisnis dibanderol dengan harga jauh lebih mahal. 

Lokasi menjadi pertimbangan nomor satu baik bagi penjual maupun pembeli apartemen.Ditambah lagi, apartemen saat ini sudah menjadi instrumen investasi yang mulai dilirik banyak orang.Dengan memilih lokasi strategis, investor diuntungkan lebih banyak.

Sederhananya, pertimbangan lokasi pada sebuah apartemen akan dinilai juga oleh calon penyewa atau pembeli di masa depan. Mereka akan mempertimbangkan akses atau jalan keluar-masuk apartemen tersebut.

Akses

Memang, meski terlihat simpel, akses menjadi pendukung dalam hampir seluruh aktivitas penghuni apartemen. Contohnya, karena pertimbangan tempat kerja, orang akan tinggal di apartemen yang berada di jalan raya karena tidak membutuhkan waktu banyak untuk mengeluarkan kendaraan pribadinya atau mencari transportasi umum.

Shutterstock Meski jauh dari pusat kota, apartemen tetap memiliki keunggulan lantaran lokasinya dekat dengan stasiun atau terminal bus.

Alasan itulah yang membuat apartemen punya harga tinggi. Meski jauh dari pusat kota, apartemen tetap memiliki keunggulan lantaran lokasinya dekat dengan stasiun atau terminal bus. Maka, wajar jika belakangan ini banyak apartemen yang dibangun justru jauh dari hiruk pikuk ibu kota. Yang dibidik biasanya lokasi suburban dengan potensi bisnis menjanjikan.

Saat ini banyak pengembang mulai mencari pasar di kawasan suburban. Meski terkesan “pinggir”, area penyangga ibu kota biasanya memiliki nilai ekonomi tinggi. Dampaknya, harga-harga properti di kota tersebut memiliki daya jual dan tingkat investasi jauh di atas rata-rata.

Infrastruktur yang mapan

Salah satu kawasan yang lahannya subur diserbu para pengembang ialah Bumi Serpong Damai (BSD). Disebut sebagai kota mandiri, meskipun berada di pinggir Jakarta, kawasan ini sudah lengkap oleh aneka fasilitasnya. 

Sebagai kota mandiri, BSD memang dirancang sebagai kawasan elit. Kawasan ini semakin berkembang pesat setelah ruastol BSD-Bintaro-Pondok Indah-TB Simatupang dapat dilalui.Ditambah lagi saat ruas tol dapat disambung ke arah Cikunir sehingga memudahkan orang yang menuju tol Jagorawi maupun tol Cikampek. Alternatif menuju ibu kota lainnya ialah melalui jalan tol lingkar luar Bintaro-BSD.

IST AEON Mall, pengembang dan operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang membangun pusat perbelanjaan dan gaya hidup di lahan seluas 10 hektar di kawasan BSD City, Serpong, Tangerang, Banten. Ini merupakan kali pertama AEON membangun mal suburban bergaya Jepang di Indonesia.

Infrastruktur semakin mapan saat tersedia fasilitas transportasi publik seperti kereta listrik Commutter Line dan feeder busway TransBSD menuju Jakarta. Dengan transportasi tersebut, jarak BSD-Jakarta atau sebaliknya tak memerlukan waktu lebih dari 2 jam.

Tak heran, beragam bisnis properti khususnya apartemen kelas premium mulai menggeliat di kawasan ini. Meski harga yang ditawarkan tergolong tinggi namun menjanjikan pertambahan nilai  yang jauh lebih tinggi.

Pertimbangannya, saat di BSD, orang tak akan kekurangan tempat hiburan. Sebut saja fasilitas hiburan seperti Ocean Park BSD, TerasKota atau pusat perbelanjaan Jepang pertama di Indonesia AEON Mall hingga convention hall terbesar se-Asia Tenggara ICE-BSD sebagai pelengkap fasilitas Meeting, Incentive, Conferences, and Exhibition (MICE) didirikan di kawasan ini. Belum lagi dilengkapi dengan beberapa institusi pendidikan bergengsi, seperti Univesrsitas Multimedia Nusantara, Swiss German University hingga Univesrsitas Pelita Harapan. Sedangkan beberapa rumah sakit yang dekat dengan kawasan ini diantaranya, Rumah Sakit Medika BSD, Omni Hospital, Eka Hospital dan Siloam Hospital.

 
Baca juga: Berencana Investasi Apartemen? Pertimbangkan Beberapa Hal Berikut…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com