Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Furnitur, Cek Lima Hal Berikut

Kompas.com - 30/08/2015, 10:05 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Berbelanja furnitur lebih dari sekadar gaya karena ada begitu banyak elemen yang perlu dipertimbangkan. Anda memiliki hak untuk memilih furnitur yang tepat. Supaya mendapatkan furnitur terbaik dan sesuai kebutuhan, berikut beberapa panduan untuk Anda.

1. Duduk di atasnya

Saat Anda mencari furnitur seperti sofa atau kursi, penting untuk mencoba duduk di atasnya sebelum membeli. Anda tidak hanya sedang mencari kenyamanan, tetapi juga bagaimana furnitur tersebut cocok untuk tubuh Anda.

Apakah kursi mengakomodasi panjang kaki Anda? Apakah kaki Anda beristirahat dengan nyaman di lantai? Apakah Anda merasa lengan Anda terlalu tinggi saat meletakkannya pada sandaran?

Hal-hal tersebut mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi akan menambahkan pengalaman tidak nyaman setelah beberapa jam duduk lama di sofa atau kursi. Pastikan semuanya sempurna.

2. Melihat bawah furnitur

Jika Anda membeli dari toko, lihat dan periksa bagaimana potongan-potongan furnitur disatukan. Upayakan melihat sendi, ikat kain dan tanda-tanda lain dari kualitas furnitur.

3. Angkat

Dalam kebanyakan kasus, berat furnitur Anda menandakan kualitas. Jika furnitur yang Anda ingin beli lebih ringan dari yang diharapkan, bisa menjadi pertanda bahwa kerangkanya tidak kokoh. Jika Anda berada di pasar murah, pastikan Anda mencari furnitur yang diperuntukkan dalam jangka pendek. Furnitur yang mudah dipindahkan ini, mungkin tidak menjadi masalah bagi Anda, tapi pastikan harganya sesuai.

4. Periksa kain/finishing

Warna, tekstur, dan pola pada sebuah furnitur akan Anda lihat setiap harinya. Dengan demikian, pastikan hal ini baik-baik. Pikirkan tentang nuansa kain atau kayu.

Pertimbangkan juga bagaimana merawatnya. Pemeliharaan adalah bagian besar dari menjaga furnitur Anda terlihat baik. Sebelum memutuskan, pikirkan apakah Anda memiliki kesabaran untuk memoles meja kayu supaya mengilap setiap pekan.

5. Ukur dua kali

Siapkan pita panjang untuk mengukur ruang. Seberapa tinggi, panjang, dan lebar furnitur yang dibutuhkan di ruangan Anda. Ukur juga besar ruang pintu di rumah Anda, untuk memastikan furnitur bisa masuk.

Sebaiknya, lakukan pengukuran dua kali. Tidak ada yang lebih buruk daripada menemukan furnitur baru Anda tidak muat di ruangan Anda. Lebih baik aman daripada menyesal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com