Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Krisis, Penjualan The Oasis Turun Hanya 10 Persen

Kompas.com - 28/08/2015, 18:39 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIKARANG, KOMPAS.com - Krisis ekonomi global sangat berdampak terhadap instrumen investasi yang ada, antara lain saham, reksadana, obligasi. Namun, untuk instrumen investasi di bidang properti, pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Hal tersebut terjadi pada penjualan proyek apartemen The Oasis di Cikarang.

"Terbukti saat BTN Property Expo, penjualan kami luar biasa. Ini peluang di tengah kondisi krisis," ujar Direktur Sales & Marketing PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS) Supriantoro kepada Kompas.com di kawasan The Oasis, Cikarang Barat, Bekasi, Jumat (28/8/2015).

Meski ada penurunan penjualan, sebut Supriantoro, besarannya tidak tinggi, yakni 5-10 persen. Penjualan The Oasis sendiri dibagi dua, komersial dan residensial. Untuk proyek residensial, penurunan penjualan sebesar 5 persen. Sementara proyek komersial, penurunan penjualan sebanyak 10 persen.

Namun demikian, investasi properti di Cikarang masih diminati. Khususnya pada proyek apartemen pertama di The Oasis yang bertajuk Mahogany, penjualan sudah 100 persen dari total 624 unit. Sementara pembangunannya mencapai 99 persen. Targetnya, akhir tahun ini, unit Mahogany sudah bisa diserahterimakan kepada pembeli.

Pada proyek apartemen kedua, Acacia, saat ini penjualan mencapai 30 persen dari total 702 unit sejak diluncurkan ke pasar pada Mei 2015. Sebagian besar unit yang laku adalah tipe studio.

Supriantoro menilai, pasar kawasan Cikarang didominasi pasangan muda yang menginginkan unit sederhana namun tetap memiliki kebanggaan. Melihat animo tersebut, dia optimistis sampai akhir tahun penjualan Acacia bisa mencapai 80 persen.

Prosesi pemancangan konstruksi telah dilakukan hari ini atau dua bulan lebih awal daripada yang sudah direncanakan. Selain studio terdapat tipe apartemen dengan satu kamar tidur dan dua kamar tidur. Kisaran harganya antara Rp 400 juta sampai Rp 900 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com