Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Holcim Tawarkan Solusi Perbaikan Jalan Hemat Waktu

Kompas.com - 14/08/2015, 23:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang melintasi ibu kota, dan kebutuhan transportasi setiap harinya, mendesak Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta untuk menyediakan infrastruktur yang memadai, baik dalam bentuk pembangunan jalan baru atau perbaikan jalan dalam kondisi kurang baik.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Holcim Indonesia Tbk memperbaiki beberapa ruas jalan termasuk jalur Trans-jakarta melalui solusi perbaikan jalan berdaya cepat bernama SpeedCrete™.

Kontrak pertama pada kuartal kedua tahun 2015 senilai 5,5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 75,9 miliar yang disetujui, dan ditandatangani Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta. Nilai kontrak mencakup perbaikan jalur Trans-jakarta 12 kilometer dari total rencana sepanjang 200 kilometer. Perbaikan meliputi pekerjaan lapisan dasar hingga lapisan permukaan akhir.

Sedangkan kontrak kedua yang ditandatangani Senin (3/8/2015), mencakup perbaikan akses jalan Marunda, persimpangan Kebon Nanas-Ahmad Yani, dan persimpangan Pramuka-Matraman dengan total volume 1.550 meter kubik.

Tak seperti perbaikan jalan konvensional yang biasanya memakan waktu berminggu-minggu, SpeedCrete™ memberikan solusi beton berdaya cepat untuk perbaikan jalan dengan pengerjaan selama 7 jam saja pada malam hari.

“Pemerintah sangat menghargai solusi-solusi bernilai tambah seperti ini yang bisa membantu pembangunan perkotaan dan menjawab tantangan-tantangan yang ada di lapangan," ujar Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (14/8/2015).

Di negara yang berkembang pesat seperti Indonesia, beton SpeedCrete™ sangat cocok diterapkan di kota-kota besar dengan lalu lintas yang padat guna menghindarkan kemacetan lalu lintas selama proses penanganan jalan.

Populasi Jakarta diprediksi mencapai 30 juta jiwa dalam kurun waktu lima tahun ke depan, menyebabkan tantangan infrastruktur yang luar biasa di ibu kota, ditambah lagi dengan tidak mencukupinya jalan tol dan jalan lokal penghubung antar-propinsi yang ada saat ini.

Kendati demikian, hal tersebut merupakan tantangan yang harus ditemukan solusinya. Holcim Indonesia merupakan salah satu yang telah menghasilkan ide-ide inovatif, sebagai penyedia solusi berkesinambungan.

“SpeedCrete™ telah melalui proses pengembangan teknologi yang seksama. Semua masukan dan kebutuhan pelanggan, membantu kami dalam mengembangkan solusi-solusi lain untuk kebutuhan yang berbeda," tandas Head of Aggregate and Construction Materials, Holcim Indonesia, Derek Williamson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com