Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekasi di Mata Mantan Kepala Tim Toyota F1 Racing

Kompas.com - 07/08/2015, 21:10 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekasi semakin dilirik, tak hanya oleh pengembang lokal dan nasional, tetapi juga oleh investor multinasional. Satu di antara yang meyakini besarnya potensi Bekasi adalah Tadashi Yamashina.

Tadashi merupakan pemuncak Toyota Housing Corporation, sebuah tentakel bisnis properti dari Toyota Group. Sebelumnya, Tadashi beken sebagai Kepala Tim Operasi Toyota F1 Racing, setelah diambil alih dari Tsutomu Tomita pada Juni 2007.

Menurut Tadashi, pasar Bekasi sangat menjanjikan karena menawarkan potensi yang tidak didapatkan kawasan lainnya. Jumlah populasinya sekitar 2,5 juta jiwa atau terpadat keempat setelah Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Komposisi penduduk usia produktif pun tak kalah banyak.

Bekasi juga terhitung strategis, diapit Jakarta sebagai ibu kota negara, dan Karawang sebagai sentra industri nasional. Banyak industri dan pabrik di Karawang, Cikarang, dan Purwakarta yang mempekerjakan para ekspatriat, dan karyawan dengan pendapatan cukup untuk membeli hunian kelas menengah ke atas. 

Posisi ini membuat Bekasi menjadi lintasan bagi para pebisnis, industriawan, dan juga calon investor properti. 

"Selain itu, Bekasi juga mudah diakses dari Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Lingkar Luar atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) serta terkoneksi jalur kereta Commuter Line. Ini merupakan nilai tambah, dan menjadi incaran para calon konsumen pembeli rumah," urai Tadashi yang menerima jurnalis Hilda B Alexander dan Ari Prasetyo dari Kompas.com secara khusus di Intercontinental Hotel, Jakarta, pada Kamis (6/8/2015).

ARI PRASETYO/Kompas.com Tadashi mengatakan Bekasi merupakan pasar yang sangat potensial untuk digarap.
Berikut petikan perbincangan selama satu jam:

Apa yang memotivasi Toyota Housing Corporation menggarap pasar Bekasi?

Bekasi adalah kawasan urban yang semakin menjanjikan. Pasar propertinya terhitung sangat besar dengan ceruk pasar luas, mulai dari kelas bawah, menengah bawah, menengah-menengah, dan menengah atas. Jumlah populasi dengan usia muda dan produktif juga sangat banyak.

Posisi Bekasi sangat strategis, diapit Jakarta sebagai ibu kota negara, dan Karawang sebagai sentra industri nasional. Ada banyak pabrik dan industri di sekitar kawasan Bekasi yang tentu saja mendorong meningkatnya permintaan akan properti, terutama hunian.

Mengapa baru sekarang mengambil peran sebagai penyedia properti di Bekasi, saat sesama perusahaan Jepang lainnya sudah lama mendulang keuntungan, macam Sojitz yang berkolaborasi dengan Sinarmas Land atau Marubeni Corporation yang menggandeng Manunggal Group?

Kami merupakan pembangun hunian (home builder). Bukan developer dengan tendensi mengembangkan dan mengelola lahan seperti halnya Marubeni atau Sojitz atau nama-nama sebelum Toyota Housing Corporation. 

Sebetulnya, kami sudah hadir di Bekasi sejak lama, saat membangun rumah untuk internal atau karyawan dan manajemen Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Namun, masuk pasar dengan membangun hunian untuk publik sejak 2013 silam.

Menurut kami, masa depan Bekasi akan lebih pesat lagi pertumbuhannya. Permintaan hunian semakin menguat seiring volume foreign direct investment (FDI) di sektor industri dan agenda pemerintah yang menggenjot infrastruktur. Bekasi diuntungkan karena kawasan sekitarnya sarat dengan pabrik, dan industri.

Portofolio properti perdana Toyota Housing Corporation adalah Axia South Cikarang yang merupakan apartemen servis. Untuk membangun properti senilai 300 juta dollar AS tersebut, Toyota, melalui anak usahanya, PT Toyota Housing Indonesia (THI), berkolaborasi dengan Tokyu Land dan PT Lippo Karawaci Tbk.

Adapun proyek kedua yang sedang mereka garap saat ini adalah perumahan tapak (landed residential) bertajuk Toyota Housing Model sebanyak 114 unit dengan lahan seluas 1,5 hektar di area pengembangan Sakura Regency 3, Bekasi. Sekadar informasi, Sakura Regency 3 dibesut KSO PT Tokyu Land Indonesia, dan PT Hatmohadji dan Kawan (Haka). 

ARI PRASETYO/Kompas.com Kelas menengah Bekasi dalam usia produktif menjadi pertimbangan Toyota Housing Corporation membangun hunian.
Seperti apa kriteria mitra kerja strategis yang bisa diajak kerjasama oleh Toyota Housing Corporation? Mengapa dalam membangun properti rumah tapak perdana yang digandeng bukan Sinarmas Land, Ciputra, atau Summarecon Agung? 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com