Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Properti Tujia Raup Pendanaan Rp 4 Triliun

Kompas.com - 03/08/2015, 19:40 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Tujia, situs properti sewa Tiongkok mirip Airbnb, berhasil mengumpulkan 300 juta dollar AS (Rp 4 triliun) dalam perputaran dana terbaru, sehingga nilai start-up company ini lebih dari 1 miliar dollar AS (13,5 triliun).

Penggalangan dana dipimpin oleh All Stars Investment yang berbasis di Hong Kong. All Stars Investment diketahui telah berinvestasi pada perusahaan pembuat ponsel Xiaomi dan aplikasi pemanggil taksi Didi Kuaidi.

Luo Juni, salah satu pendiri Tujia, mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk mempromosikan merek dan mengembangkan program online dan offline. Tujia adalah situs terbesar di Tiongkok untuk penyewaan properti liburan, tetapi lebih terlibat dalam pemeliharaan dan verifikasi layanan seperti Airbnb.

"Babak baru pendanaan ini menunjukkan bahwa pasar Tiongkok telah sepenuhnya menerima industri properti sewa untuk liburan yang dipimpin oleh Tujia," kata Luo.

Industri pariwisata Tiongkok sendiri telah berkembang pesat. Pengeluaran perjalanan domestik melonjak menjadi 3 triliun renminbi atau sekitar 483 miliar dollar AS (Rp 6.530 triliun) pada tahun 2014, dari sebelumnya hanya 528 miliar renminbi pada tahun 2005.

Co-founder All Stars Investment, Richard Ji, menambahkan, model bisnis Tujia sangat potensial untuk dikembangkan seiring melemahnya pasar properti Tiongkok.

"Ada pasokan ruang yang cukup besar. Pemerintah daerah adalah pemilik tanah terbesar dan mereka ingin Tujia membantu mereka menyerap lowongan kerja," katanya.

Tujia juga mulai menawarkan penyewaan properti luar negeri bagi wisatawan Tiongkok. Situs ini telah bekerja sama dengan situs tempat wisata yang berbasis di Texas, HomeAway, dengan menerjemahkan listing properti ke dalam bahasa Mandarin.

Dengan begitu, HomeAway akan memberikan Tujia akses ke properti di luar Tiongkok. Beberapa pendanaan juga datang dari The Ascott, yang mengelola pelayanan properti apartemen mewah di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com