Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Feng Shui" Rumah dan Kantor untuk Hidup Lebih Makmur

Kompas.com - 01/08/2015, 12:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Praktik Tiongkok kuno feng shui digunakan untuk menyelaraskan energi dan lingkungan seseorang agar kemakmurannya meningkat. Secara harfiah feng shui diterjemahkan sebagai "angin dan air", "feng" mewakili semangat dan energi, sementara "shui", mewakili perubahan. 

Feng Shui  telah digunakan sejak Dinasti Zhou (1046-256 SM) dalam menemukan medan dan sumber air yang tepat dan ideal untuk membangun tempat kekaisaran.

Sampai saat ini praktik feng shui masih digunakan untuk mencari keseimbangan dengan menempatkan furnitur dan benda-benda lain di posisi yang harmonis, baik di rumah maupun kantor.

Banyak yang percaya bahwa penempatan yang tepat dari item atau barang sehari-hari dapat meningkatkan hubungan, kekayaan, dan kesehatan sementara penempatan yang tidak tepat dapat menyebabkan ketidakharmonisan. 

Namun, jika bagian rumah Anda tidak kondusif menurut feng shui, bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Setiap masalah desain dapat diperbaiki dengan menambahkan atau mengimbanginya.

Berikut adalah beberapa dasar-dasar untuk feng shui rumah dan kantor yang dirangkum dari situs CCTV-America:

Ruang tamu 

Ruang pertama yang Anda lihat ketika memasuki rumah haruslah ruang tamu. Idealnya, ruang tamu ditempatkan di tengah-tengah rumah untuk membawa keberuntungan dan kemakmuran. Pusat ruang tamu dianggap sebagai zona keberuntungan, jadi penting dalam menjaga ruang yang terbuka untuk menarik kekayaan.

Cobalah menempatkan sofa pada dinding untuk memberikan dukungan yang kuat. Orang yang duduk di ruang tamu harus dapat melihat semua orang memasuki ruangan, dan tidak ada benda menghalangi pintu masuk yang dapat menghambat kelancaran arus energi positif.

Cermin di ruang tamu juga tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu depan, yang dapat menyebabkan hilangnya kekayaan.

Menambahkan tanaman dan barang-barang dekoratif dengan sudut membulat dan tepi yang lembut juga dapat membantu meningkatkan aliran energi. Anda pun bisa menempatkan sebuah akuarium yang dipercaya menyebabkan peningkatan kekayaan.

Dapur terbuka

Seperti ruang tamu, dapur harus luas dan remang untuk menyambut energi yang baik. Cobalah untuk memiliki pandangan yang jelas dari pintu saat memasak, jika kompor menghadap dinding, tambahkan cermin untuk memantulkan bayangan pintu masuk.

Jangan menyimpan barang berat di atas kepala, karena dapat membuat Anda merasa kewalahan. Jika menggantung barang, lakukan di tempat Anda tidak bekerja di bawahnya.

Kamar mandi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com