Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wika Revitalisasi Pasar Klewer

Kompas.com - 30/07/2015, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (Wika) memulai pembangunan kembali Pasar Rakyat Klewer pada Minggu (26/7/2015). Pasar Klewer seperti diketahui, sempat terbakar pada 27 Desember 2014.

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, Direktur Operasi III Perseroan Destiawan Soewardjono, jajaran Pemerintah Kota Surakarta, dan Manajemen Proyek Wika.

Destiawan berharap, pasar yang direvitalisasi ini akan menjadi nadi ekonomi warga Surakarta. "Kami optimis proyek ini dapat berjalan baik dan memenuhi target secara tepat waktu dan tepat mutu," ujar Destiawan kepada Kompas.com, Kamis (30/7/2015).

Rencananya, proses pembangunan proyek ini akan berlangsung selama 150 hari kalender kerja terhitung sejak tanggal yang ditetapkan dalam penandatanganan perjanjian kontrak. Lingkup utama pekerjaan Wika adalah struktur dan arsitektur.

Menurut Sekretaris Perusahaan, Suradi, Wika bertindak sebagai kontraktor. Sementara pengembangan dan pengelolanya tetap pemerintah daerah. "Itu masih tahap awal. Tahun ini hanya struktur dasarnya. Ke depan, akan ditenderkan lebih besar lagi," tutur Suradi.

Pasar Klewer akan dibangun empat lantai dengan konsep semi-modern. Lantai dasar atau basement akan digunakan sebagai tempat parkir. Sementara lantai berikutnya terdiri dari 137 kios pedagang rentengan dan pedagang kaki lima (PKL). Sedangkan lantai satu dan dua akan ditempati kios pedagang sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com