Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Rumah dari Jejak Hewan Peliharaan

Kompas.com - 14/07/2015, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Tribune

KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan seperti memiliki anak kecil di rumah. Tidak peduli berapa kali Anda menghapus noda-noda bekas urin atau menjaga rumah tetap bersih dan terorganisasi, teman berbulu Anda selalu menemukan cara untuk mengacaukannya.

Berikut adalah lima tips untuk membantu Anda membersihkan rumah dari jejak hewan peliharaan Anda.

1. Membersihkan rambut

Salah satu cara untuk mencegah rambut hewan peliharaan rontok ke seluruh rumah Anda adalah dengan secara teratur menyikat bulu hewannya. Dengan cara ini, sebagian besar rambut yang rontok berakhir di tempat sampah.

Gunakan sarung tangan karet yang basah atau spons untuk mengambil rambut-rambut ini, sebab benda ini bekerja seperti magnet. Anda juga dapat menggunakan lap kering elektrostatik atau microfiber untuk membersihkannya. Jangan gunakan vacuum cleaner untuk menyedot rambut, karena bisa menyumbat motor.

2. Penghilang noda dan bau

Sangat penting untuk membersihkan noda tinja atau urin. Noda tersebut memang bisa memudar tapi kumannya menetap dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Anda dapat membersihkan tempat tersebut dengan menggunakan beberapa produk pembersih buatan sendiri.

3. Semprotan cuka dan baking soda

Cuka adalah pembersih ajaib alami. Cuka bisa menghapus hampir setiap jenis noda dari permukaan apapun. Sementara baking soda adalah penghilang bau alami.

Ambil proporsi yang sama untuk cuka putih dan air. Kemudian, tambahkan empat sendok baking soda. Tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut pada permukaan yang bernoda dan gosok dengan sepotong kain bersih.

4. Hidrogen peroksida dan baking soda

Selain cara di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda. Tutupi noda dengan kain dan taburi beberapa baking powder di atasnya. Lalu, campur setengah cangkir hidrogen peroksida atau HCL dan satu sendok makan cairan pencuci piring dan tuangkan di atas kain.

Tinggalkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian, gosok noda perlahan dan vakum permukaan secara menyeluruh.

5. Pembersih citrus enzim

Umumnya hewan peliharaan senang menjilat permukaan barang di rumah. Menggunakan pembersih berbahan kimia, dapat berbahaya untuk hewan peliharaan Anda.

Untuk menciptakan pembersih yang alami, caranya cukup sederhana, yaitu dengan lemon dan kulit jeruk.

Yang perlu Anda siapkan adalah:
- 7 sendok makan gula merah
- 1 1/2 cangkir lemon dan kulit jeruk
- 1 liter air

Isi campuran ini di dalam wadah yang tidak ketat udara dan jauhkan. Setelah tiga bulan, pembersih alami ini siap digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tribune
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com