Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kebakaran di Rumah Saat Anda Mudik

Kompas.com - 13/07/2015, 16:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Gulf Times

KOMPAS.om - Banyak persiapan menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Mulai dari persiapan mudik, solat Ied, dan bersilaturahmi dengan keluarga. Disamping itu, penting juga untuk melindungi rumah dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, misalnya kebakaran.

Berikut beberapa tips penting untuk Ramadhan aman yang membahas masalah-masalah seperti perlindungan dari kebakaran di dapur dan bagian lain dari rumah.

Untuk memastikan keamanan di dapur, Anda dan penghuni rumah lainnya harus menghindari menuangkan air ke panci saat terjadi kasus minyak terbakar. Menuangkan air pada minyak terbakar dapat memperburuk situasi. Dalam kasus tersebut, Anda harus menutupi panci terbakar dengan penutup tebal atau selimut api.

Sementara jika sampah yang terbakar, Anda harus segera menutupinya dengan kain lembab sehingga mencegah penyebaran api dengan merampas oksigen.

Anda juga disarankan untuk memastikan bahwa alat pemadam kebakaran yang baik tersedia di rumah. Alat pemadam ini harus jauh dari jangkauan anak-anak. Anda bisa meletakkannya di dapur atau dekat bahan panas, terbakar atau titik listrik. Selain itu, mereka tidak boleh dibalut dengan kain nilon saat digunakan di dapur untuk memastikan perlindungan dari kebakaran.

Sementara itu, Anda juga harus memastikan tidak ada gas yang bocor. Jika Anda mencium bau gas di dalam rumah, segera buka semua pintu dan jendela dan jangan menyalakan korek api di dekat silinder ketika mencoba untuk menemukan kebocoran.

Anda juga harus menghindari menggunakan kipas angin karena justru dapat berfungsi sebagai "titik menyala" jika ada kebocoran gas. Dengan demikian, alat pemadam kebakaran yang tepat harus ada di rumah Anda. Seluruh penghuni rumah, kecuali anak-anak, harus memahami bagaimana menggunakannya.

Selain itu, perlu juga untuk memeriksa keamanan dan kapasitas kabel listrik. Anda pun disarankan untuk menggunakan konektor LPG aman di dapur, menutup kompor gas setelah digunakan, dan tidak meninggalkan panci atau penggorengan di atas kompor untuk waktu yang lama tanpa pengawasan.

Terakhir, Anda juga dilarang mengaktifkan kipas angin di dapur, serta terus memantau anak-anak Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Gulf Times
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com