Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Satu Keluarga yang Mendapat Rumah Gratis di Bogor

Kompas.com - 08/07/2015, 03:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - DPP Real Estat Indonesia (REI) memberikan satu unit rumah gratis melalui program Ramadan Rumah Impian (RRI). Rumah tersebut diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan tidak mampu di wilayah Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Pemberian rumah gratis secara simbolis dilakukan oleh Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanudin kepada penerima rumah yang didampingi Direktur Utama PT SMF (Persero) Raharjo Adisusanto, Sekretaris Jenderal DPP REI Hari Raharta dan Wakil Ketua Umum DPP REI Raymond Arfandy.

Calon penerima rumah gratis sebelumnya telah melalui proses seleksi dan dilanjutkan dengan proses survei yang dilakukan pihak Radar Bogor sebagai media partner dari DPD REI Jawa Barat.

Hari Raharta mengatakan, RRI merupakan salah satu program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) REI. Program ini diluncurkan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan dengan memberikan tempat tinggal yang layak. Penerima bantuan adalah mereka yang membutuhkan rumah,dan telah memenuhi kriteria yang ditentukan agar tidak salah sasaran.

Menurut Ketua DPD REI Jawa Barat Irfan Firmansyah, penyelenggaraan program RRI tahun 2015 merupakan yang kedua kalinya di Bogor. Masih banyak MBR tidak mampu yang belum memiliki rumah dan menjadi perhatian anggota DPD REI untuk memberikan bantuan.

“Dengan memiliki rumah yang layak, memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat tidak mampu karena menjadi lebih sejahtera. Program RRI telah mewujudkan harapan masyarakat di golongan ini untuk memiliki rumah menjadi nyata,” kata Irfan.

Sekitar 100 nama telah diusulkan untuk menerima rumah gratis dalam program RRI tahun 2015 ini. Dari nama yang terkumpul, hanya terpilih satu keluarga yang berhak untuk menerima rumah gratis dari DPD REI Jabar. Rumah tersebut berada di perumahan Mutiara Venezia Residence, Cileungsi, Kabupaten Bogor yang dikembangkan oleh ISPI Group.

"Keikutsertaan DPD REI Jabar dalam program RRI tahun ini merupakan bagian dari cara para anggota untuk berbagi di bulan Ramadhan. Selain itu, kami juga akan menyelenggarakan Buka Bersama dengan 750 anak yatim se-Bandung Raya,” kata Irfan.

Rp 7 miliar

Program RRI tahun 2015 diselenggarakan oleh 11 DPD REI, yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Batam, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Jambi, Riau, Sumatera Utara dan Banten.

Program ini bertujuan memberikan apresiasi kepada MBR dan membutuhkan bantuan untuk bisa memiliki tempat tinggal yang layak. Pelaksanaan program ini akan berkontribusi selaras dengan program “Satu Juta Rumah” yang dicanangkan oleh pemerintah.

Pada tahun ini, REI meluncurkan program RRI dengan membagikan sebanyak 31 unit rumah gratis kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan dan proses seleksi secara nasional. Total nilai bantuan melalui ini mencapai sekitar Rp 7 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com