Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Saat yang Tepat Beli Properti?

Kompas.com - 07/07/2015, 14:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi "pola baku" saat penjualan mobil turun sebesar 16,6 persen, maka akan diikuti oleh anjloknya penjualan properti. Bahkan angka kejatuhan properti jauh lebih tinggi yakni 50 persen sebagaimana diakui Ketua DPP REI Eddy Hussy beberapa waktu lalu.

Kalau sudah begitu, bagaimana kemudian nasib sektor properti?

Bagi pengembang, menurut CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono, strategi terbaik adalah tetap berproduksi. Dengan membangun, peluang untuk mendapatkan keuntungan akan terbuka lebar.

"Saat ini di tengah kondisi perlambatan ekonomi, pembeli mungkin sedikit. Tapi tahun mendatang, saat produk yang dipasarkan sudah terserap sepertiga atau separuhnya, pengembang bisa mematok harga tinggi," ujar Hendra kepada Kompas.com, Ahad (5/7/2015). 

Hendra melanjutkan, pertimbangannya adalah pasar masih tetap ada, baik kelas bawah, menengah, atas, bahkan kelas premium. Namun begitu, para pengembang juga harus memperhatikan jumlah unit yang akan dibangun dan dipasarkan. 

Membangun ribuan unit saat ini sama halnya dengan bunuh diri. Apalagi jika kemudian yang membeli kebanyakan investor, itu sudah dalam kondisi "alarm" atau patut diwaspadai. Pasalnya, jika permintaan lebih banyak berasal dari investor boleh dikatakan merupakan permintaan semu.

"Pada akhirnya harga akan tertekan karena pasar sekundernya tidak bergerak akibat dikuasai investor," ucap Hendra.

Oleh karena itu, lanjut dia, bangun dan pasarkanlah properti dengan jumlah unit yang sesuai kondisi saat ini. Duaratus unit untuk satu kompleks apartemen sudah sangat memadai bagi pasar untuk menyerapnya.

Sementara bagi calon konsumen, kata Hendra, sekarang justru merupakan saat yang tepat membeli properti. Alasannya, banyak pengembang yang menawarkan gimmick pemasaran, diskon harga jual, dan kemudahan termin pembayaran.

Contohnya saja PT Metropolitan Land Tbk (Metland). Menurut Direktur Metland, Amran Nukman, pihaknya memberikan gimmick atau hadiah Lebaran kepada calon konsumen. Alih-alih menaikkan harga jual.

"Kami memberikan voucher Metland Card. Ini bisa dipakai beli elektronik, atau keperluan rumah tangga di Mal Metropolitan atau Grand Metropolitan," buka Amran kepada Kompas.com, Selasa (7/7/2015). 

Amran tak menampik, saat ini sulit menaikkan harga jual. Pasalnya, konsumen tidak akan menampakkan minatnya membeli properti yang tengah dipasarkan. Karena itulah, pihaknya memberikan gimmick untuk calon konsumen.

Namun, tambah Amran, saat pengembang kesulitan menaikkan harga jual hingga tiga bulan ke depan, justru menjadi momentum yang bagus buat calon konsumen membeli properti. 

Kelas mewah

Untuk kelas mewah, menurut Hendra, masih ada pasarnya yang didominasi end user atau pengguna akhir. Melambatnya ekonomi, bagi kalangan tajir ini tidak terlalu berdampak. Kalau sudah suka dengan lokasi, denah, dan spesifikasinya, mereka akan langsung membeli.

"Bahkan kalau income-nya dalam dollar AS atau dollar Singapura, mereka bisa membeli properti premium yang banyak ditawarkan di Jakarta saat ini. Ada beberapa pengembang yang menawarkan diskon 30 persen hingga 35 persen dari harga penawaran. Ini sangat menarik," tandas Hendra.

Beberapa properti premium yang saat ini memenuhi pasar Jakarta, antara lain Anandamaya Tower, Langham Residences, Senopati Suites, Verde Apartment, Casa Domaine, dan Thamrin Nine.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com