Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Premiere Tower Tonjolkan Lekuk Tubuh Beyonce

Kompas.com - 07/07/2015, 11:53 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur Australia Elenberg Fraser telah memenangkan persetujuan perencanaan untuk pencakar langit di Melbourne setinggi 226 meter. 

Proyek Premiere Tower di 134 Spencer Street didukung oleh Fragrance Group, bagian pengembangan properti real estate taipan dari Singapura, Koh Wee Meng. Untuk pengembangan menara tersebut, Fragrance Group menyiapkan dana 350 juta dollar Australia (Rp 3,5 triliun).

Menara ini akan menampilkan serangkaian lekuk dan tonjolan yang dirancang sebagai struktur efisien. Uniknya, lekukan pada menara ini terinspirasi dari bentuk tubuh artis Beyonce Knowles.

Bentuk menara ini menarik referensi dari badan Beyonce berbungkus kain yang ada dalam video musik lagunya berjudul Ghost. Lagu tersebut berasal dari album yang dikeluarkan pada 2013, awalnya dirilis setengah dari lagu Haunted.

"Bagi mereka yang menaruh perhatian lebih pada seni daripada sisi ilmu pengetahuan, kami akan mengungkapkan bahwa bentuk menara memberi penghormatan kepada sesuatu yang lebih estetis. Kami percaya Anda telah melihat video musik Ghost milik Beyonce," kata Fraser yang berbasis di Melbourne.

Struktur berlantai 68, yang telah disetujui oleh pejabat perencanaan pada bulan Mei 2015 berada di ujung barat dari pusat bisnis. Menara dengan luas lahan 1.830 meter persegi ini, akan berisi 660 unit apartemen, serta 160 kamar hotel.

Dalam membentuk desain, arsitek menggunakan parametrik pemodelan, yaitu jenis desain dengan bantuan komputer yang memungkinkan bentuk yang kompleks dalam penyelesaian kendala data. Dengan demikian, menara ini bisa memiliki bentuk yang unik, yaaitu akan membengkak dan keluar pada berbagai titik di sekitar fasad.

Menurut Elenberg Fraser, bentuk Premiere Tower juga merespon iklim, angin dan keterbatasan tertentu dari situs.

"Proyek ini merupakan puncak dari penelitian yang signifikan. Bentuk kompleksnya sebuah kantilever vertikal adalah cara yang paling efektif untuk mendistribusikan massa bangunan, memberikan hasil terbaik dalam hal penyebaran struktural, frekuensi goyahan dan persyaratan angin," kata Fraser.

Desain ini mengikuti jejak pencakar langit berbentuk jam pasir MAD di Mississauga, Kanada, yang dijuluki "menara Marilyn Monroe" oleh penduduk setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com