Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halaman Terasa Kecil? Begini Cara Menyiasatinya!

Kompas.com - 04/07/2015, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Jika halaman Anda terasa sempit, kusam, atau membutuhkan perbaikan, jangan khawatir! Anda tidak harus menggali halaman belakang dan mulai dari awal untuk membuatnya terasa nyaman dan baru.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat beberapa sentuhan kecil. Fokus Anda adalah area teras. Berikutnya adalah beberapa ide teras sederhana untuk membantu merapikan halaman kecil Anda:

1. Tambahkan jalur yang rata

Jika ingin memiliki rumput yang berbentuk tetapi tetap menjadi pelengkap bagus untuk teras Anda, cobalah memasang lapisan setapak dari bata atau batu loncatan. Setapak ini bisa dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan bahkan tidak harus dengan batu bata.

Anda bisa menciptakan setapak dari beton, tergantung anggaran. Setapak mudah untuk dibuat dan murah untuk diperbaiki. Anda juga bisa mencocokkannya dengan warna eksterior rumah. Setapak ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penampilan halaman dan menjaga hijau rumput Anda.

2. Hiasan hemat

Jika Anda ingin menambahkan pilihan tempat duduk untuk teras tanpa menghabiskan banyak biaya, carilah furnitur siap rakit di toko perbaikan rumah terdekat. Perabot ini lebih murah daripada furnitur yang dijual di toko-toko besar.

Anda dapat menemukan furnitur siap rakit dengan banyak gaya dan bentuk yang sesuai dengan desain teras. Perabot siap rakit ini biasanya ringan dan mudah untuk dipindahkan juga, sehingga Anda dapat mengaturnya di halaman kecil tanpa kerumitan.

3. Pencahayaan

Menambahkan lampu bisa mengubah tampilan dan nuansa teras dan halaman kecil. Tidak hanya itu, lampu bisa menambah tingkat keselamatan dan keamanan di malam hari.
Anda dapat menggantung lampu. Tambahkan lampu surya untuk rumput di sekitar teras, atau pasang perlengkapan pencahayaan

Pilih lampu dengan jenis CFL dan lampu LED karena lampu ini ramah lingkungan dan bisa mengurangi tagihan listrik bulanan. Bahkan, lampu jenis ini menggunakan energi rata-rata 90 persen lebih sedikit daripada lampu konvensional. Meskipun, harga lampu ini memang lebih tinggi.

4. Ciptakan taman

Jika Anda ingin teras lebih hijau, pikirkan untuk menambahkan beberapa pot tanaman baik yang diletakkan di bawah atau yang digantung. Anda dapat menambahkan tanaman sayur seperti tomat, cabai, daun jeruk purut.

Selain itu, Anda juga bisa menanam bunga. Semuanya bergantung pada apa yang terbaik menurut Anda. Beberapa dedaunan akan membantu teras terlihat lebih alami.

5. Buatlah multifungsi

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com