Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Tunda Proyek di Papua

Kompas.com - 01/07/2015, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten properti PT Ciputra Surya Tbk., memutuskan untuk menunda proyek di kawasan Entrop, Jayapura, Provinsi Papua. Keputusan tersebut diambil seiring proses perizinan yang belum rampung.

Proyek bertajuk CitraLand Jayapura tersebut, merupakan satu dari lima proyek yang sedianya dikembangkan tahun ini. Empat lainnya adalah Ciputra Office at Ciputra World Surabaya, CitraLand Lampung, CitraGrand Kendari, dan CitraLand City Losari, Makassar.

Menurut Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Ciputra Surya Tbk., Nanik J Santoso, CitraLand Jayapura masih dalam proses perizinan. Karena sulit ditebak kepastian rampungnya, maka CitraLand Jayapura kemungkinan akan mulai digarap pada 2016 mendatang.

"Perizinan sulit ditebak waktunya. Di tengah jalan muncul masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Kami taat izin, menunggu semua selesai, baru bangun," ujar Nanik kepada Kompas.com, usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Selasa (30/6/2015).

Direktur Utama PT Ciputra Surya, Harun Hajadi menambahkan, walaupun pemerintah provinsi sudah mencanangkan proses perizinan satu atap lengkap dengan layanan efektif dan efisien, namun kenyataannya di lapangan sangat jauh berbeda.

"Implementasi tidak semudah wacana. Perizinan tetap rumit dan butuh waktu panjang," ungkap Harun.

Dia menambahkan, perizinan lainnya yang masih dalam proses adalah CitraLand City Losari Makassar. Berbeda dengan CitraLand Jayapura, proyek reklamasi di Makassar ini sudah sesuai target meski masih harus menunggu izin pelaksanaan reklamasi.

"Izin pelaksanaan reklamasi belum terbit karena ada revisi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal)," kata Harun seraya mengharapkan semua perizinan selesai akhir tahun ini.

CitraLand Jayapura akan dikembangkan di atas lahan seluas 41 hektar melalui skema kerjasama operasi. Rencananya, rumah-rumah di sini akan dipasarkan seharga Rp 600 juta hingga Rp 2 miliar per unit.

Kinerja

Hingga akhir Juni 2015, PT Ciputra Surya Tbk membukukan penjualan marketing (marketing sales) senilai Rp 1,3 triliun dari target Rp 2,8 triliun. Sementara kinerja sepanjang 2014, Ciputra Surya mampu mencetak kenaikan pendapatan 36 persen menjadi Rp 1,71 triliun dibandingkan tahun 2013 sebesar Rp 1,26 triliun.

Peningkatan juga terjadi pada segmen laba bersih 31 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya Rp 399 miliar menjadi Rp 522 miliar. Sementara penjualan marketing 2014 merosot drastis 48 persen menjadi Rp 1,81 triliun dari sebelumnya Rp 3,23 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com