Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Ciptakan Suasana Rumah Ramah Anak

Kompas.com - 28/06/2015, 15:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki anak, tentu ingin memastikan mereka aman berada di rumah. America Cleaning Institute (ACI) memberikan tips untuk membuat rumah Anda aman bagi anak-anak.

1. Perhatikan saat berada di air

Awasi anak-anak saat mereka berenang atau bermain di sekitar air. Perhatikan juga saat anak-anak di dalam bak mandi. Ajarkan mereka untuk berenang dan tentang peraturan keselamatan air atau kolam renang.

2. Jauhkan dari produk pembersih

Simpan paket deterjen cair dan pembersih rumah tangga jauh dari anak-anak. Pastikan benda-benda ini tidak terjangkau dan atau terlihat mereka. Bisa berbahaya jika cairan ini tertelan atau masuk ke mata.

3. Hindari bahaya terpeleset

Di daerah-daerah yang licin, misalnya kamar mandi, terdapat potensi anak terpeleset. Gunakan tikar anti selip yang bisa mencegah hal tersebut terjadi.

4. Pagar khusus

Bagi anak-anak yang masih balita, mereka seringkali sulit diarahkan. Sekali saja Anda lengah, mereka bisa menjangkau tempat-tempat berbahaya. Saat Anda tidak bisa mengawasi, pagar khusus sangat berguna.

5. Perhatikan dapur

Di dapur, terdapat sejumlah benda yang bisa berbahaya bagi anak-anak, misalnya pisau.
Terlebih lagi, di dapur terdapat benda yang mudah terbakar yaitu kompor.

6. Pasang alarm

Alarm asap sangat bermanfaat untuk mengingatkan adanya bahaya api. Pasang alat ini di setiap lantai, termasuk ruang bawah tanah. Jangan lupa mengubah baterai setidaknya sekali setahun.

7. Periksa rumah setiap hari

Kita tidak pernah tahu kapan potensi bahaya itu muncul. Pastikan obat-obatan, baterai, dan korek api aman dari jangkauan atau di balik pintu terkunci. Hal penting lainnya, pilih furnitur yang tidak memiliki ujung tajam, khususnya pada meja atau kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com