Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Trik Bikin Kualitas Tidur Lebih Baik

Kompas.com - 20/06/2015, 20:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Kita menghabiskan sepertiga dari hidup untuk tidur. Sementara, dua pertiga penduduk dunia kesulitan untuk mendapatkan istirahat malam hari. Oleh sebab itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang sempurna, yaitu tenang, sejuk, gelap, nyaman dan rapi.

Berikut tujuh trik yang bisa Anda ikuti untuk membuat kualitas tidur lebih baik:


1. Palet warna

Pilih warna yang menurut Anda menciptakan suasana damai dan tenang. Banyak orang memilih hijau atau biru, karena mengingatkan mereka tentang nuansa laut, atau pastel yang mudah dan lembut di mata.

Penelitian menunjukkan, hijau, kuning, biru dan pink adalah warna yang ideal untuk kamar tidur Anda, sedangkan ungu tidak, karena merangsang aktivitas otak.

2. Suhu

Menjaga kamar tidur tetap dingin, yaitu 18 derajat celcius hingga 22 derajat celcius akan memudahkan tubuh Anda mengeluarkan "hormon tidur" atau melatonin. Penelitian menunjukkan, lingkungan kamar tidur yang panas tidak kondusif untuk kualitas tidur malam.

Jadi, pertimbangkan membuka jendela, memilih selimut yang lebih tipis. Meski begitu, tidur menggunakan kaus kaki juga penting, karena banyak orang terbangun di malam hari disebabkan oleh kaki dingin.

3. Penerangan

Untuk menciptakan kualitas tidur yang baik, kamar Anda perlu gelap. Lampu jalan dari luar kamar atau lampu kamar tidur, lampu dari layar televisi, ponsel dan komputer, bisa membuat Anda merasa lebih waspada dan kurang mengantuk.

Sekitar 20 persen dari cahaya akan menembus kelopak mata ketika mata tertutup sehingga, Anda perlu menjaga kamar tidur segelap mungkin. Pertimbangkan nuansa kamar yang menghalangi cahaya, misalnya tirai, bahkan masker mata.

Anda juga bisa memasang lampu khusus malam, sehingga jika ingin ke kamar mandi, Anda tidak perlu menyalakan cahaya terang. Hal ini bisa menghambat pelepasan hormon mengantuk Anda.

4. Suara

Suara yang keras lebih dari 45 desibel dapat membangunkan Anda, bahkan suara serendah 20 desibel, yaitu suara yang biasa dihasilkan saat berbicara, masih bisa menghentikan tidur Anda. Pastikan ruangan Anda tenang saat menjelang waktu tidur.

Namun, tidak adanya suara yang familiar juga dapat mengganggu tidur. Suara kipas angin atau generator pendingin ruangan yang bising, bisa diredam dengan tirai tebal, karpet, kaca ganda, dan musik santai.

5. Bau

Mengisi kamar tidur dengan aroma yang tepat di saat yang tepat akan menciptakan suasana yang tepat untuk relaksasi dan tidur. Indera penciuman adalah yang paling kuat dari semua indera Anda. Pasalnya, indera ini terhubung langsung denga perilaku emosional kita melalui saraf penciuman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com