Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoshihiro Kobi: 8 Kali Puasa Ramadhan, Tak Sekali Pun Bocor

Kompas.com - 15/06/2015, 19:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Kulitnya tak seterang orang-orang Jepang lainnya yang saat itu tengah berkumpul menghadiri seremoni peletakan batu pertama pembangunan Enso Hotel di kawasan industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Kendati demikian, ada satu ciri khas yang membuatnya istimewa dan menjadi pembeda dari orang Jepang lainnya, yakni janggut hitam tipis yang menghias dagunya.

Dialah Yoshihiro Kobi. Bos PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk ini menyita perhatian para undangan saat membaca bismillah dan salam sebelum membuka pidatonya. Masih terbata memang, tetapi hal itu sudah dengan jelas menunjukkan bahwa Kobi adalah seorang Muslim.

Dia berkisah, perkenalannya dengan Islam diawali pada tahun 1990-an saat raksasa Jepang, Marubeni Corporation, memulai kolaborasi dengan Manunggal Group dalam melakukan studi kelayakan untuk membangun kawasan industri besar di Cibitung.

"Saat itu belum ada masjid, sementara saya tahu, mayoritas pekerja kami dan juga masyarakat Indonesia adalah Muslim. Untuk itu, saya mulai mendesain bagaimana membangun masjid sebagai fasilitas pelengkap kawasan industri ini," papar Kobi kepada Kompas.com, Senin (15/6/2015).

HBA/Kompas.com Kobi tak sekadar mendesain, melainkan juga mengawasi pembangunan masjid tersebut.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com