Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Tren Pasar, Sharp Tawarkan Banyak Fitur AC

Kompas.com - 13/06/2015, 23:20 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Pertama kali meluncurkan produk di Indonesia, PT Sharp Electronic Indonesia (SEID) mengincar kelas atas. Namun, seiring berjalannya waktu dan pasar yang dinamis, SEID tidak bertahan pada satu segmen saja.

SEID pun kemudian mengembangkan fitur-fitur yang ada di setiap produknya, terutama pada pendingin ruangan, agar ddapat diterima semua segmen.

"Makin ke sini, makin berkembang. Waktu Jepang keluarkan produk dengan fitur plasmacluster, ini dicoba juga ke Indonesia," ujar General Manager of Product Planning Division Herdiana Anita Pisceria atau Nana kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2016).

Perkembangan produk pendingin ruangan, lanjut Nana, dilengkapi juga dengan humidifier atau sistem penyaringan yang bisa dipasang di dalam mobil. Belakangan, kata dia, ada kebutuhan baru di masyarakat yaitu pendingin ruangan anti-debu. Permintaan produk sejenis mulai naik saat letusan Gunung Merapi pada 2013.

"Selalu ada sesuatu yang baru dan merupakan solusi masalah sebelumnya. Kita bergerak terus," kata Nana.

Ia menuturkan, pendingin ruangan yang dilengkapi dengan plasmacuster ini sebenarnya tidak memandang segmentasi. Pasalnya, fitur ini dibutuhkan oleh semua kalangan karena membuat udara lebih segar.

Selain plasmacluster, fitur anti-debu juga bermanfaat, terutama bagi penderita alergi. Nana menggambarkan, seringkali penghuni rumah yang menderita alergi saat mau tidur atau bangun tidur.

Ada pula pendingin yang memiliki fitur ion generator. Dengan fitur ini, pendingin mampu menghilangkan bau. Contohnya bau rokok yang melekat pada ruangan, meski sudah dimatikan.

Banyaknya fitur dalam satu jenis produk saja, sering membuat konsumen bingung dan memilih barang yang lebih murah.

"Kita perlu mengedukasi konsumen terlebih dahulu, cocoknya dengan produk yang mana. Begitu dijelaskan baru 'ngeh', 'oh, saya butuhnya yang ini'. Kalau (barang) ditaruh begitu saja, sudah kaget duluan lihat harganya. Padahal semua ada fungsinya masing-masing," jelas Nana.

Kisaran harga produk Sharp sendiri, terendahnya adalah Rp 950.000 untuk humidifier di dalam mobil. Sementara produk termahal adalah seharga Rp 10 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com