Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neverland Milik Michael Jackson Dilepas Rp 1,3 Triliun

Kompas.com - 11/06/2015, 07:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Raja pop, mendiang Michael Jackson, bukan hanya seorang penyanyi, penulis lagu, aktor, produser rekaman dan penari, dia juga adalah legenda. Karena itu, namanya diabadikan dalam Rock and Roll Hall of Fame dua kali, Hall of Fame dan Dance Hall of Fame.

Michael memenangkan lebih dari 100 penghargaan, prestasi profesional artis rekaman paling banyak dalam sejarah musik populer. Sejak kematiannya pada 2009, Michael telah meraup lebih dari 700 juta dollar AS dari musik dan video.

Menurut laman Top Ten Real Estate Deal, kontroversi dan kekaguman berputar-putar di sekitar kehidupan Michael Jackson. Kebiasaannya menyendiri kemungkinan besar didorong oleh masa kecil yang tidak bahagia. Dia membutuhkan tahap perkembangan masa kanak-kanak hingga kemudian Neverland dibangun. Ini merupakan tanah fantasi untuk anak-anak. Namun, sekarang Neverland masuk dalam daftar aset properti yang dijual.

Michael membeli peternakan seluas 2.698 hektar tersebut di dekat Santa Ynez, California pada 1988 seharga 18 juta. Dia memasang roda Ferris, korsel, dua kereta, lintasan mobil dan kebun binatang sendiri yang sekarang koleksinya menyisakan empat jerapah, dua harimau, orangutan, reptil, gajah, burung-burung eksotis dan simpanse Bubbles.

Selain itu, di dalam Neverland juga terdapat bioskop, dan stasiun pemadam kebakaran, mirip perkotaan dalam kehidupan nyata. Ada 40 petugas keamanan yang berpatroli setiap satu jam. Demi menarik minat investor, nama Neverland pun diganti dan kembali ke nama aslinya Sycamore Valley Ranch.

Neverland dijual bersama gedung utama di dalamnya seluas 12.000 kaki persegi yang berisi ruangan skala besar dengan fasilitas perapian, ruang makan, dapur nyaman tetapi berfungsi secara komersial, lantai kayu dari abad ke-18, enam kamar tidur termasuk kompleks kamar utama dengan perapian di ruang duduk, dan dua kamar mandi besar.

Fasilitas lainnya adalah sebuah paviliun dengan empat kamar tidur, guesthouse dua kamar tidur, kolam renang, area barbekyu, lapangan basket, lapangan tenis, bioskop 50 kursi dengan balkon pribadi dan empat hektar danau dengan air terjun. Termasuk padang rumput dan pegunungan serta fasilitas penampungan hewan, kandang-kandang dan toko pemeliharaan.

Untuk memiliki semua fasilitas di Sycamore Valley Ranch, calon pembeli harus merogoh kocek sebesar 100 juta dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 1,3 triliun. Properti ini masuk dalam daftar agen Suzanne Perkins dari Sotheby Internasional Realty di Montecito, California.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com