Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Panduan Menemukan Teman Serumah yang Tepat

Kompas.com - 03/06/2015, 13:40 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para profesional muda, menemukan hunian yang terjangkau sekaligus dekat dengan tempat kerja adalah tantangan tersendiri di kota sebesar Jakarta. Betapa tidak, harga propertinya terus merangkak naik dan semakin mahal.

Untuk menekan harga, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah menyewa hunian, khususnya apartemen, untuk ditinggali bersama sejumlah teman. Dengan cara ini, biaya tidak akan Anda tanggung sendiri.

Laporan Colliers International Indonesia menyebutkan, dalam tiga tahun terakhir, bisnis apartemen berkembang pesat di Jakarta. Lebih dari 90 persen proyek-proyek yang rampung telah terserap pasar.

Diperkirakan, investasi di sektor ini menyumbangkan keuntungan modal atau capital gain sebesar 10 persen hingga 25 persen. Sedangkan untuk sewa mencapai sekitar 6 persen sampai 8 persen per tahun.

Lamudi Indonesia memperkuatnya dengan data lonjakan harga rerata akuisisi apartemen di Jakarta yang semula hanya berkisar pada level Rp 14,5 juta per meter persegi, melesat menjadi Rp 31,2 juta per meter persegi. Jakarta Selatan masih menjadi primadona lantaran lokasinya yang strategis.

Kenaikan harga juga terjadi pada apartemen sewa yang rerata tumbuh Rp 2,2 juta per meter persegi. Padahal pertumbuhan sebelumnya hanya mencapai rerata Rp 1 juta per meter persegi.

Nah, jika Anda tertarik menghemat biaya dengan trik mencari teman serumah, ada lima tips untuk menemukan kandidat ideal yang disusun Lamudi berikut ini:

1. Karakter

Tentukan terlebih dahulu, pribadi dan karakter seperti apa yang Anda sukai sebagai teman serumah? Berapa banyak jumlahnya? Sejauh apa torelansi Anda dalam aspek berbagi privasi? Tentu saja, bagian ini akan lebih mudah bila Anda mencari teman serumah yang gendernya sama.

2. Gunakan media tepercaya

Anda bisa memulainya dengan menggunakan media tepercaya untuk mencari teman serumah. Misalnya, beriklan di koran lokal, minta bantuan teman, atau lewat situs www. jakarta.craigslist.org.

Jangan memberikan informasi pribadi sebelum menemui langsung calon teman serumah Anda.

3. Temui calon teman serumah

Setelah menemukan kandidat, segera temui calon teman serumah Anda di tempat-tempat umum atau komersial, seperti restoran, kafe, atau taman. Kenali kebiasaan sehari-harinya, ritme hidupnya, lalu bandingkan dengan diri Anda. Cari tahu juga ekspektasi mereka terhadap Anda sebagai teman serumah.

4. Bekali pengetahuan Anda tentang latar belakang teman serumah

Untuk alasan keamanan, Anda perlu pula menanyakan mengenai latar belakang mengenai keluarga, pendidikan, pekerjaan, hobi, dan hal-hal yang mereka sukai. Jangan ragu menanyakan kondisi ekonomi, sehingga Anda dapat mengetahui karakternya.

Ajak pula salah seorang teman karib Anda untuk memberikan opini alternatif atau second opinion mengenai orang tersebut.

5. Amati gerak gerik teman Anda

Saat menunjukkan isi apartemen Anda, jangan lupa mengamati gerak-gerik calon teman serumah Anda. Peka dan berhati-hatilah dalam membaca bahasa tubuh, sebelum nantinya membuat keputusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com