Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Portabel Hemat Energi Tersedia Tahun Depan

Kompas.com - 02/06/2015, 17:38 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber ecocapsule

KOMPAS.com- Sebuah studio arsitektural baru yang berbasis di Bratislava, Slovakia, Nice Architects, menciptakan inovasi untuk menyiasati harga rumah yang mahal dan pemakaian energi tinggi yakni Ecocapsule.

Ecocapsule adalah rumah rendah energi yang dikemas ke dalam bentuk mungil. Rumah ini memiliki energi dan bentuk efisien serta volume yang padat. Ecocapsule juga memiliki tempat tidur hangat dan air yang mengalir.

telegraph.co.uk Meskipun ukurannya kecil, masing-masing Ecocapsule bisa dihuni oleh dua orang dewasa. Arsitek mendesain tata ruang yang efisien sehingga memungkinkan penghuni untuk menikmati kenyamanan fasilitas rumah tangga.


Rumah berbentuk kapsul ini memiliki tinggi 2,55 meter, panjang 4,45 meter dan lebar 2,25 meter. Meskipun ukurannya kecil, masing-masing Ecocapsule bisa dihuni oleh dua orang dewasa.

Arsitek mendesain tata ruang yang efisien sehingga memungkinkan penghuni menikmati kenyamanan fasilitas rumah tangga. Dapur dan toilet yang terpasang di dalamnya sudah dilengkapi dengan air mengalir. Selain itu, Ecocapsule juga menyediakan air panas untuk mandi.

Setiap Ecocapsule dilengkapi dengan energi yang diperlukan untuk tinggal dalam waktu lama tanpa perlu mengisi ulang. Pasalnya, Ecocapsule didukung oleh turbin angin yang juga dilengkapi dengan panel surya.

Sistem dual power dan baterai berkapasitas tinggi memastikan Anda akan memiliki kekuatan yang cukup selama periode penurunan aktivitas matahari atau angin.

Bentuk bulatnya dioptimalkan untuk pengumpulan air hujan dan embun serta filter air yang memungkinkan penghuni memanfaatkan sumber air tersebut.

Badan Ecocapsule ditutupi dengan sel surya berefisiensi tinggi seluas 2,6 meter persegi dan sebuah tiang turbin angin berkekuatan 750 watt. Hal ini menciptakan sistem energi yang dapat mendukung Anda hampir satu tahun di banyak lokasi.

Ecocapsule dikatakan cocok menjadi wadah pengiriman. Selain itu, untuk mengangkut Ecocapsule, tidak ada persiapan khusus dan tindakan pencegahan yang diperlukan. Ecocapsule bisa diterbangkan, dikirimkan dengan kapal, atau ditarik oleh kendaraan lain dan bahkan oleh hewan besar.

Nice mengatakan Ecocapsule akan tersedia mulai akhir 2016. Terkait harga, belum ada informasi resmi yang diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ecocapsule
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com