Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Kementerian PUPR Gelar Forum Sumber Daya Air dan Kawasan Kumuh

Kompas.com - 27/05/2015, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tantangan dunia dalam dua dekade terakhir salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi. Hal ini disebabkan, karena tingkat urbanisasi yang tinggi.

Berdasarkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia, pemerintah telah menetapkan program 100-0-100, yaitu 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi bersih.

Untuk mendukung program ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Water, Sanitation, Cities (WSC) Forum & Exhibition 2015. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, pada tanggal 27-29 Mei 2015.

"Event ini diharapkan selain untuk pengetahuan, juga untuk mendorong jaringan potensi pembiayaan baru," ujar Dirjen Pengembangan Air Minum M. Natsir, di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Acara ini, lanjut Natsir, baru pertama kali diselenggarakan oleh kementerian dan merupakan perluasan dari acara-acara sebelumnya, misalnya Indowater, Indowaste, dan Indoenergy.

WSC Forum & Exhibition 2015 adalah kegiatan internasional dan menjadi wadah pemikiran dan inovasi baru dalam pengembangan sektor air, sanitasi, dan penanggulangan kawasan permukiman kumuh di perkotaan. Ajang ini akan dihadiri oleh para ahli, praktisi, pengambil keputusan, lembaga donor internasional, LSM, serta sektor swasta dan profesional muda.

Dalam acara tersebut terdapat 6 kegiatan utama. Pertama, Indonesia International Water Week 2015 untuk membahas berbagai permasalahan teknologi, pengelolaan, pendanaan, dan kemitraan di bidang SDA, air minum dan sanitasi, beserta penanganannya.

Kemudian, ada pula Municipal Solid Waste Management and Domestic Wastewater Management, Smart Planning for Heritage River Cities, National Urban Forum, Youth Program, serta pameran kebijakan dan strategi pembangunan di bidang air, sanitasi, dan perkotaan.

Natsir berharap, WSC forum ini akan menciptakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah termasuk juga antara pemerintah dan non-pemerintah misalnya lembaga donor, swasta, dan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com