Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Rumah Baru

Kompas.com - 24/05/2015, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda baru saja memiliki rumah? Atau Anda baru pindah rumah? Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan pemilik rumah baru. Dengan belajar dari kesalahan, Anda dapat menjaga rumah lebih nyaman sebagai tempat beristirahat.

1. Mengikuti tata letak ruangan yang sudah ada

Hanya karena Anda melihat kamar tertentu sebagai kamar tidur dan kamar lain seperti kantor ketika mengunjungi rumah pertama kali sebelum membeli, bukan berarti Anda harus mengikuti tata letak yang sama.

Beberapa ruangan seperti dapur dan kamar tidur utama memang sulit dipindahkan karena sudah diatur demikian. Namun, kebanyakan ruang lainnya dapat saling dipertukarkan. Hal ini dapat memberikan fleksibilitas yang besar jika Anda ingin memiliki ruang kerja dengan banyak cahaya atau ruang anak-anak Anda yang saling bersebelahan satu sama lain.

2. Takut untuk mengambil risiko

Ini adalah rumah Anda sekarang! Jika Anda sudah lama menginginkan sesuatu, misalnya mengubah keramik atau menambahkan pelapis dinding (wallpaper), jangan ragu untuk melakukannya.

3. Terburu-buru mendekorasi

Anda akan tinggal di sini dalam jangka waktu panjang. Dengan demikian, Anda memiliki waktu untuk mendapatkan dekorasi yang sesuai. Bahkan jika Anda bosan dan ingin mengubah tata letak furnitur misalnya, Anda bisa melakukannya di waktu mendatang. Jangan langsung memenuhi ruangan dengan perabot atau barang-barang lainnya.

4. Hanya fokus dekorasi di dalam rumah

Ruangan menarik lainnya dari sebuah rumah adalah ruang luar, misalnya teras atau taman. Bayangkan jika Anda bisa bersantai atau sekadar menikmati hidangan ringan saat sore hari di teras Anda. Kegiatan tersebut akan lebih menyenangkan jika Anda mengisi teras dan taman dengan dekorasi yang pas.

Pertimbangkan untuk mencari tanaman hijau yang bisa ditanam di halaman depan rumah Anda. Percantik juga dengan adanya gazebo, jika halaman Anda cukup luas.

5. Mengabaikan masalah kecil

Memiliki rumah sendiri, artinya semua menjadi tanggung jawab Anda, mulai dari perabotan hingga seluruh bangunannyam.

Masalah kecil akan muncul di kemudian hari, misalnya mesin cuci Anda rusak, atau keran di kamar mandi bocor. Masalah ini bisa menjadi masalah besar jika dibiarkan tanpa pengawasan.

Cara menghindarinya adalah mengecek terlebih dahulu peralatan di dalam rumah Anda, terutama yang berkaitan dengan listrik dan air. Untuk pengecekan, Anda bisa memanggil ahlinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com