Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Bikin Perekat Instan

Kompas.com - 21/05/2015, 18:11 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Membuat perekat ubin nyatanya cukup mudah dan praktis dibandingkan dengan metode konvensional, yaitu dengan mengayak pasir dan semen terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan bahan adhesif.

Untuk itu, Anda memerlukan bahan adhesif untuk ubin (tile adhesive) yang mengandung synthetic latex-styrene butadiene rubber. Kandungan ini dapat menghasilkan daya rekat ekstra kuat, fleksibel, tahan terhadap getaran, dan tahan rendaman air.

Tile adhesive yang diproduksi oleh PT Adiwisesa Mandiri memiliki dua jenis, yaitu cairan (AM 30 Liquid) dan bubuk (AM 30 Powder). Selain Tile adhesive, terdapat juga alat khusus untuk pengaplikasian perekat yang lebih sempurna, yaitu trowel.

Sebelum mencampur, upayakan adanya bidang datar untuk menghemat konsumsi pemakaian perekat ubin. Bersihkan bidang aplikasi dari kotoran apa pun. Kemudian, lembabkan bidang aplikasi dengan kain lembab atau spons.

Pada tahap pencampuran, perbandingan AM Liquid dan powder adalah 1 liter banding 4 kilogram. Tuangkan liquid ke dalam wadah campuran. Campur powder sedikit-sedikit sambil diaduk dengan sendok semen, lalu aduk sampai rata dengan mixer. Campuran merata bila sudah berbentuk pasta. Selanjutnya, biarkan 5 menit agar polimer dan zat aditif bereaksi.

Setelah didiamkan, aduk kembali campuran beberapa saat sebelum diaplikasikan pada ubin. Lapiskan pasta pada bidang aplikasi dengan cara agak ditekan agar pasta meresap baik ke dalam permukaan menggunakan trowel dengan sisi rata. Tambahkan lagi pasta di atas lapisan pertama, dan tarik menggunakan trowel pada sisi bergerigi. Dengan demikian, tercipta bagian-bagian renggang perekat yang berfungsi mencegah terangkatnya ubin (popping).

Kemudian, pasang ubin di atas pasta yang masih basah dan ketuk dengan palu karet agar ubin menempel dengan baik. Bersihkan sisa perekat ubin pada celah nat sebelum mengering. Setelah terpasang, jangan pijak ubin selama 24 jam. Lanjutkan dengan aplikasi pengisi nat.

Di luar itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Anda tidak diperbolehkan untuk menambah bahan lain, misalnya semen, pasir, atau air. Selain itu, Anda disarankan untuk membuat adukan secukupnya agar setiap adukan habis terpakai dalam waktu maksimal 60 menit. Anda juga disarankan untuk mengolesi permukaan bidang aplikasi per ubin untuk mencegah perekat mengering sebelum ubin terpasang.

Campuran ini bisa diaplikasikan pada area eksterior dan interior basah dan terendam, misalnya kolam renang atau bak penampungan air, serta di area lantai dan dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com