Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-Tourism Kota Bogor Raih IDSA 2015

Kompas.com - 07/05/2015, 19:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Digitalisasi yang dikembangkan Pemerintah Kota Bogor kembali mendapat apresiasi. Kali ini program e-tourism Kota Bogor meraih penghargaan kedua terbaik dalam ajang Indonesia Digital Society Award (IDSA) Tahun 2015.

Kota Bogor bersaing dengan 21 kota dan kabupaten lainnya yang sudah mengembangkan program digital dalam pelayanan publik, pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan pemerintahan. Di antaranya Surabaya dan Yogyakarta yang berhasil meraih gelar Best of The Best Champion.

Kepala Kantor Komunikasi dan Informasi Kota Bogor, Asep Zaenal Rahmat mewakili Wali Kota Bogor, menerima penghargaan itu pada penganugrahan IDSA 2015 di Mal Kota Casablanca, Jakarta. Sebelumnya, Wali Kota Bima Arya mempresentasikan dan menjawab pertanyaan juri seputar implementasi program digital di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.

Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, Sekjen Kementertian Dalam Negeri, Yuswandi dan para bupati serta wali kota yang masuk dalam  penilaian. IDSA sendiri sudah tiga kali diselenggarakan.

Rudiantara meminta setiap kota dan kabupaten terus mengembangkan program digital inovatif dan kreatif. “Biarkan masing-masing tumbuh dan berkembang sendiri, yang penting bagaimana dengan digitalisasi itu pemerintah kota atau kabupaten bisa mendorong berkembangnya kegiatan bisnis di daerahnya sendiri,” ujar Rudiantara dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (7/5/2015).

Sebuah kota bisa menjadi smart city  (kota cerdas) apabila pertumbuhan ekonominya mampu melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu kegiatan bisnis di daerah harus terus didorong tumbuh.

Sementara itu Yuswandi menilai, digitalisasi di kalangan pemerintah daerah sudah berkembang. “Karena undang undang telah memungkinkan teknologi informasi dimanfaatkan secara kreatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik,” tambahnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com