Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep "Smart Home" Jadi Jualan Pengembang

Kompas.com - 07/05/2015, 18:49 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu "jualan" yang tengah gencar dipasarkan pengembang properti saat ini adalah konsep smart home atau rumah cerdas. Aplikasi teknologi yang melekat pada perumahan dengan konsep tersebut menjadi andalannya.

Hal itu seperti terlihat pada produk yang digelontorkan oleh PT PP Properti di ajang REI Expo 2015 di JCC, Jakarta, Kamis (7/5/2015). Di pameran tersebut PP Properti memamerkan unit-unit apartementnya, antara lain The Ayoma di Serpong, Grand Kamala Lagoon di Bekasi, serta Grand Sungkono Lagoon di Surabaya. Proyek-proyek tersebut mengedepankan beberapa fitur berbasis teknologi terkini sebagai diferensiasi produknya.

"Ini sengaja kami presentasikan dalam design booth kami yang menyajikan berbagai tampilan desain apartemen," ujar Ari Kartika, GM Marketing & Commercial PP Properti.

Ari mengaku tak menampik bahwa ketatnya persaingan industri properti di Indonesia saat ini begitu kencang. Untuk itu, pengembang harus punya strategi dan konsep menarik untuk konsumen-konsumennya.

"Misalnya smart parking yang kami tawarkan di apartemen-apartemen ini. Ini fitur yang memberikan panduan lokasi parkir bagi penghuni apartemen yang ingin memarkirkan kendaraannya. Mereka tak perlu susah payah mencari lokasi parkir yang kosong," tuturnya. 

Pada unit-unit apartemen itu pengembang juga menerapkan fitur smart home berupa aplikasi teknologi. Apliasi tersebut akan memudahkan penghuni apartemen untuk menyalakan atau mematikan lampu, air conditioner, dan perangkat elektronik lainnya hanya melalui telepon selular.

Ada juga fitur mood lamp. Ini adalah aplikasi teknologi yang dapat mengubah warna lampu ruangan, membuat lampu lebih terang dan redup sesuai mood dan kebutuhan penghuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com