Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Tempuh Solo-Kertosono Nantinya Hanya 2,5 Jam

Kompas.com - 01/05/2015, 11:49 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

NGAWI, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Solo-Ngawi-Kertosono yang terintegrasi dengan Tol Trans-Jawa akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap ekonomi daerah. Pasalnya, tol ini menjadi pembuka akses bagi pusat pertumbuhan ekonomi.

Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, melalui tol ini, pengendara tidak lagi harus menempuh Solo-Kertosono selama enam jam. "Jarak tempuhnya akan menjadi dua setengah jam," ujar Rini saat sambutan acara Percepatan Pembangunan Jalan Tol Solo-Ngawi dan Groundbreaking Pembangunan Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Ngawi, Jawa Timur, Kamis (30/40/2015).

Rini menambahkan, proyek ini sudah cukup lama mangkrak. Akibatnya, percepatan pertumbuhan ekonomi menjadi tidak maksimal. Dengan pemangkasan jarak tempuh, maka pengiriman arus barang dan jasa di Solo, Karanganyar, Sragen, Ngawi, Madiun, sampai dengan Kertosono akan lebih cepat.

Ia bersyukur, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan PT Waskita Karya mau mengambil alih proyek tersebut dari PT Thies Contractor Indonesia (TCI). Rini berharap, setelah pengambilalihan ini, pembangunan bisa sesuai target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo yaitu 2,5 tahun. I

Program percepatan tersebut, lanjut Rini, bisa diikuti oleh BUMN lain dengan dukungan kementerian, pemerintah daerah, dan pelaku ekonomi lainnya.

Jalan Tol Solo-Ngawi-Kertosono sepanjang 177,12 kilometer terdiri dari dua ruas tol yaitu Jalan Tol Solo-Ngawi 90,1 kilometer dan Ngawi-Kertosono 87,2 kilometer. Saham dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk., sebesar 60 persen dan PT Waskita Karya sebesar 40 persen.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Adityawarman, jalan tol ini akan selesai pada 2017. "Kami optimistis pembangunan jalan tol ini bisa rampung tahun 2017. Lahannya saja sekarang sudah 80 persen. Akhir tahun kemungkinan 100 persen," kata Aditya.

Hingga April 2015, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sendiri telah memiliki konsesi jalan tol sepanjang 977 kilometer. Targetnya pada akhir 2015, bisa mencapai lebih dari 1.000 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com