Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Pertama di Karawang Mulai Dikembangkan

Kompas.com - 18/04/2015, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung) memulai konstruksi Tamansari Mahogany di Teluk Jambe, Karawang Barat, Jawa Barat, Sabtu (18/4/2015).

Apartemen strata ini diklaim sebagai yang pertama di kawasan Karawang. Berdiri di atas lahan seluas 2 hektar, Tamansari Mahogany dirancang sebanyak tiga menara yang terbagi atas apartemen dua menara, dan kondotel satu menara. Menara pertama dipasarkan sebanyak 794 unit.

Direktur Human Capital dan Pengembangan Property WIKA Gedung, Nur Al Fata, menjelaskan, pengembangan Tamansari Mahogany untuk menjawab kebutuhan para profesional yang bekerja di ratusan perusahaan sekitar Karawang Barat. 

"Dalam satu dekade terakhir industri di Karawang Barat, tumbuh sangat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat pasca krisis finansial global 2008. Lonjakan penanaman modal asing (PMA) juga sangat signifikan. Hingga Maret 2015 nilai PMA yang ditanamkan sebesar 3 miliar dollar AS, dan penanam modal dalam negeri (PMDN) Rp 3 triliun," papar Nur Al Fata kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2015).

Nur Al Fata menuturkan, pertumbuhan investasi di sektor industri tersebut secara otomatis menstimulasi pertumbuhan permintaan akan hunian, dan fasilitas properti komersial lainnya. "Di mana ada industri akan bermunculan sarana-sarana fasilitas," imbuh Nur Al Fata.

Sejak dipasarkan perdana pada November 2014, menara perdana sudah terserap 40 persen dengan nilai Rp 80 miliar. Dari total yang terjual, 60 persen di antaranya tipe studio dengan harga Rp 200 jutaan. 

"Menara kedua rencananya akan dilansir pada Agustus 2015 dengan jumlah yang sama yakni 794 unit, sedangkan kondoteknya 250 unit," tambah Manager Unit Property Tamansari Mahogany, Bram Ibrahim.

Selain apartemen, dan kondotel, di kawasan pengembangan Tamansari Mahogany juga dikembangkan ruko sebanyak 45 unit dengan patokan harga Rp 13 juta per meter persegi.

Untuk merealisasikan Tamansari Mahogany yang rampung dlam empat tahun ke depan ini, WIKA Gedung mengalokasikan anggaran senilai Rp 700 miliar. 

"Komposisi pendanaan sekitar 40 persen berasal dari ekuitas perusahaan dan mitra, 60 persen pinjaman perbankan dan penjualan," ungkap Direktur Utama WIKA Gedung, Ridwan Abdul Muthalib.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com