Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikat Gigi Misoka Membersihkan Gigi Tanpa Odol

Kompas.com - 14/04/2015, 09:08 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Desainer asal Jepang, Kosho Ueshima telah merancang sikat dengan nanoteknologi yang mampu membersihkan gigi tanpa odol. Sikat gigi bernama Misoka ini diciptakan perusahaan teknologi asal Osaka, Jepang, Yumeshokunin.

Berbeda dengan sikat gigi biasa, Misoka memiliki fitur bulu dilapisi ion mineral berukuran satu miliar nano per meter dalam diameternya.

Ion dalam sikat tersebut melewati bulu menuju gigi ketika proses pembersihan. Hal ini berfungsi menghilangkan noda dan menciptakan lapisan pelindung pada enamel. Alih-alih menggunakan odol, pengguna hanya perlu mencelupkan sikat ke dalam segelas air untuk melonggarkan ion yang melekat.

"Meski tanpa odol, gigi Anda akan tetap berkilau dan bersih seolah-olah baru saja keluar dari sesi pembersihan yang dilakukan oleh dokter gigi," ujar Ueshima.

dezeen Sikat gigi Misoka
Fitur bulu dengan ukuran ketebalan 0,178 milimeter pada Misoka, berujung meruncing. Hal ini memungkinkan adanya pembersihan pada sela-sela gigi.

Nama "Misoka" yang dipakai pada sikat gigi ini berarti "hari terakhir dalam sebulan".  Bulu-bulu pada sikat gigi akan melemah dan membuatnya tidak efektif setelah satu bulan pemakaian. Pada titik tersebut, sikat gigi perlu diganti.

Sebelumnya, sikat gigi dengan nanoteknologi buatan Yumeshokunin pernah dipasarkan di Jepang dan Asia sejak 2007. Hingga saat ini, sekitar dua juta unit habis terjual. Sikat gigi tersebut kini telah didesain ulang oleh Ueshima dan direncanakan diluncurkan untuk pasar Eropa pada minggu ketiga April 2015 di Milan saat ajang Salone del Mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com