Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekorasi Interior Tidak Sempurna Tanpa Cermin

Kompas.com - 12/04/2015, 06:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Anda pasti pernah becermin. Cermin adalah alat untuk membangun harga diri. Dalam perspektif interior, cermin juga bisa menjadi alat bantu untuk dekorasi, sekaligus aset di dalam ruangan.

Cermin yang ditempatkan di dalam ruangan gelap bisa membuat lebih ringan, ruangan sempit terasa lebih besar, dan ruang kusam menjadi bersinar. Cermin juga bisa melipatgandakan pemandangan indah, mengalihkan perhatian ke benda-benda yang menarik, dan menambah suasana glamor tanpa terlihat mencolok.

Dalam buku barunya, "Keep It Simple' (Ryland, Peters & Little), Atlanta Bartlett menuliskan, kita tidak bisa mendekorasi tanpa cermin karena mereka menawarkan solusi brilian untuk berbagai masalah desain interior.

Berikut adalah tempat-tempat sempurna untuk meletakkan cermin dan beberapa kegunaannya.

1. Kamar mandi

Tentu saja di kamar mandi harus ada cermin. Alasannya, pria membutuhkan benda ini untuk membantu mencukur kumis mereka, sementara para kaum hawa membutuhkan cermin untuk membantu mereka berdandan.

2. Sebagai penyelaras

Jika Anda ingin memperkuat suasana yang sudah cantik, cermin adalah jawabannya. Ditempatkan di tengah-tengah meja makan, nampan cermin bisa berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan lilin atau tanaman.

3. Di dinding

Cermin besar yang diletakkan di dinding bisa menciptakan ilusi ruangan lebih luas. Tempatkan cermin secara vertikal di dinding seberang pintu ruangan.

4. Sebagai satu kesatuan

Anda bisa menggantung koleksi beberapa cermin berbingkai, yang berfungsi sebagai bagian dari seni. Koleksi cermin yang diletakkan pada permukaan dinding bisa bervariasi ukuran, gaya dan bentuknya.

5. Mengubah pemandangan

Jika Anda memiliki pemandangan yang indah dari jendela rumah, gantung cermin di arah berseberangan untuk merefleksikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com