Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat... Sebelum Mendekorasi Ruangan, Pertimbangkan Kebutuhan Anak!

Kompas.com - 04/04/2015, 13:06 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Anak-anak selalu menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan hal apapun. Apakah ini juga berlaku ketika Anda mendekorasi interior rumah Anda?

Tentu saja. Jika Anda memiliki anak, usahakan menciptakan lingkungan yang sehat, aman dan membahagiakan mereka. Memiliki anak-anak di rumah membuat kegiatan mengorganisasi rumah menjadi sebuah tantangan, mulai urusan penggantian popok, pakaian anak, dan mainan, perlu diatur dengan baik.

Memang, dibutuhkan banyak ruang untuk memastikan anak-anak merasa nyaman berada di rumah. Kebutuhan ruang ini mempengaruhi interior Anda. Ketika anak-anak membutuhkan ruang untuk belajar berjalan, Anda tentu menginginkan seluruh perabot atau dekorasi rumah cukup aman, misalnya ujung meja yang tumpul.

www.decoits.com Membawa terlalu banyak barang dekoratif ke dalam kamar anak akan membuat kamar anak terasa penuh, mudah berantakan, bahkan berpotensi mengundang debu.
Lain halnya ketika anak mulai mengenal alat tulis atau alat menggambar. Mereka akan mencari sarana yang bisa menyalurkan keingintahuan mereka.

Biasanya anak-anak akan menggunakan tembok untuk mencorat-coret sehingga membersihkan tembok menjadi kegiatan yang melelahkan. Dengan begitu, penting bagi Anda untuk menjaga interior secara minimalis tanpa menempelkan wallpaper mahal di tembok rumah Anda.

Memberi ruangan khusus untuk anak Anda bermain yang disesuaikan dengan kebutuhan anak juga merupakan ide bagus. Memberikan ruang terpisah dan membiarkan anak-anak mengaturnya akan membantu mereka memahami pentingnya tanggung jawab. Biasakan anak untuk mengatur barang-barang dan membersihkannya.

www.houzz.com Selain alat tulis, pastikan Anda juga menyediakan berbagai perlengkapan untuk mengasah daya kreatifitas, imajinasi, dan rasa keingintahuan anak Anda. Sediakan perengkapan seperti papan tulis, bulletin boards untuk mencatat jadwal anak, papan magnetik, berbagai alat gambar, serta buku-buku ensiklopedia.
Kesimpulannya, biarkan anak-anak berkreasi dengan desain kamarnya yang bagus demi perkembangan mereka. Syaratnya, semua masih dalam pengawasan Anda. Anda bisa memastikan apakah ruangan kamar anak Anda bersih dan teratur untuk mereka beraktivitas misalnya belajar, tidur, dan bermain.

Sumber: Archinect

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com