Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Masih Sendiri? Ini Trik Mengusir Rasa Sepi...

Kompas.com - 30/03/2015, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Entah karena pilihan atau pun keadaan, hidup sendiri justru banyak keuntungannya. Tinggal di dalam rumah sendiri juga sangat menyenangkan karena Anda bisa mengisolasi, dan menjadi diri sendiri. Tapi seringnya, tinggal sendiri menimbulkan perasaan kesepian.

Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengusir perasaan tersebut meski Anda tinggal sendirian.

1. Jangan menutup rumah Anda

Tidak menutup rumah di sini, bukan berarti Anda membiarkan begitu saja pintu terbuka atau tidak mengunci jendela. Tidak menutup rumah berarti Anda perlu membuka tirai selebar-lebarnya. Biarkan cahaya masuk.

Lakukan kegiatan di luar rumah, misalnya berkebun. Kegiatan ini tidak hanya membuat rumah lebih asri, namun juga menjadikan Anda memiliki kesempatan untuk menyapa tetangga yang lewat di depan rumah.

Membuka diri dan rumah Anda memberikan perspektif baru dan mengingatkan bahwa kadang kita tidak sendirian.

2. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Jika Anda senang meniru gerakan-gerakan aneh dari televisi, jangan ragu melakukannya di rumah Anda. Bayangkan jika harus berbagi ruangan dengan orang lain, Anda tentu tidak bisa bebas melakukan hal-hal yang Anda inginkan.

Camkan ini, setiap saat Anda merasa kesepian. Ambil seember es krim dan tonton film drama kesukaan Anda. Siapa yang akan mengatakan Anda gendut di rumah sendiri? Tidak ada!

3. Pelihara hewan

Memiliki hewan peliharaan sangat efektif menghilangkan perasaan kesepian. Meski tidak mengerti apa yang Anda bicarakan, terkadang bercerita kepada hewan peliharaan bisa melegakan.

Hewan favorit yang sering menjadi pilihan untuk dipelihara adalah anjing dan kucing. Karena pada umumnya, anjing dan kucing memiliki ukuran tubuh yang pas untuk Anda sentuh atau peluk saat merasa kesepian.

Namun, jika Anda berpikir kedua hewan ini terlalu besar dalam hal perawatan, Anda bisa mempertimbangkan ikan atau burung.

4. Undang orang lain

Cara terbaik lainnya untuk mengusir perasaan kesepian adalah mengundang teman atau kerabat ke rumah Anda. Penuhi rumah Anda dengan jamuan atau hidangan yang lezat. Siapkan juga beberapa permainan yang bisa dilakukan bersama misalnya monopoli atau scrabble.

5. Mencoba hal baru

Sulit bagi Anda merasa kesepian saat melakukan hal yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Anda bisa memulainya dengan mencoba hobi atau resep masakan baru. Membaca atau menulis buku juga bisa Anda lakoni. Selain mengusir sepi, kegiatan ini juga memberikan dampak yang positif bagi kreativitas Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com