Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"LIVE", Konsep Kota Cerdas versi Tangerang

Kompas.com - 27/03/2015, 07:26 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Untuk menjadikan Kota Tangerang, Banten, sebagai kota cerdas atau smart city, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya merealisasikan visi yang dituangkan ke dalam slogan "Tangerang LIVE". Slogan tersebut merupakan akronim cita-cita Kota Tangerang yang terdiri dari Liveable, Investable, Visitable, dan E-City.

Menurut Wali Kota  Tangerang, Arief R Wismansyah, konsep "LIVE" yang dicanangkannya sejak mulai menjabat pada Desember 2013 ini, untuk mengoptimalkan dan mempercepat pelayanan masyarakat, lewat berbagai program berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

"Dulu Bill Gates punya mimpi setiap rumah punya satu komputer. Lalu Steve Jobs berharap masing-masing masyarakat memiliki handphone. Itu membuat interaksi masyarakat berkurang. Pemkot Tangerang sedang mempersiapkan program "Tangerang Berbenah" yang dibangun dengan mengikutsertakan interaksi sosial masyarakat agar tetap menjadi bagian tak terpisahkan dengan pembangunan Kota Tangerang," ujar Arief saat memaparkan konsep kota cerdas dalam acara Peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/3/2015).

Untuk mencapai visi tersebut, Arief menjelaskan pihaknya telah dan akan meluncurkan berbagai program yang menghubungkan penduduk warga dengan Pemkot setempat dan juga masyarakat nasional maupun global. Beberapa program tersebut, seperti Tangerang Call Center, aplikasi LAKSA (layanan Komunikasi Masyarakat), serta 90 aplikasi untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terhimpun dalam E-Government.

"Kami juga berencana bulan depan akan mengadakan Festival Cisadane. Jadi nanti acara tersebut akan bekerjasama dengan Facebook untuk menggerakkan 1.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki akun media sosial tersebut. Hal ini akan membuat UMKM tersebut dapat berjualan secara online. Tidak hanya di pasar lokal, namun juga nasional bahkan global," lanjut Arief.

Berbagai infrastruktur pendukung konsep smart city juga akan dibangun di Kota Tangerang, seperti kabel fiber optic di berbagai simpang jalan serta wifi di tiap sekolah dan ruang publik. Bukan hanya itu, Arief juga tengah mengembangkan berbagai program smart city yang dapat diimplementasikan di Kota Tangerang.

"Ada beberapa program yang tengah dikembangkan menjadi bagian smart city Kota Tangerang, seperti Smart Development, Smart Envision, Smart Transportation, Smart Energy, Smart Survaillance, Smart Environment, dan Smart Social. Kita juga akan buat Command Center yang bisa terintegrasi dengan program-program Pemkot Tangerang. Kendalanya saat ini adalah membangun pusat data yang mampu mengutilisasi informasi dan mengolahnya sehingga menghasilkan kebijakan-kebijakan untuk SKPD," tandas Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com