Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2015, 06:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar penduduk New York yang masih lajang, biasanya mengalami dilema ketika harus tinggal di ruang kecil, atau berbagi ruang bersama.

Sementara itu, dengan jumlah penduduk New York yang terus tumbuh, permintaan untuk lebih banyak ruang tidak bisa dihindari.

archdaily Bangunan dengan tinggi 9 lantai ini dijadwalkan akan selesai akhir 2015, dengan harga sewa sekitar 2.000 sampai 3.000 dollar AS (Rp 26 juta - Rp 39 juta) per bulan.

Menjawab masalah tersebut My Micro NY akhirnya dibangun. My Micro NY adalah kompleks mikro-apartemen pertama di kota itu. Apartemen ini terletak di 335 East 27th Street, dengan jumlah 55 unit yang ukurannya berkisar 24 meter persegi sampai 33 meter persegi.

Pekerjaan konstruksi bangunan dengan tinggi 9 lantai ini dijadwalkan selesai akhir 2015, dengan harga sewa sekitar 2.000 dollar AS sampai 3.000 dollar AS atau setara Rp 26 juta-Rp 39 juta per bulan.

archdaily My Micro NY terbuat dari unit prefabrikasi modular yang didesain oleh nARCHITECTS.

My Micro NY terbuat dari struktur prefabrikasi modular yang didesain oleh nARCHITECTS. Apartemen ini berisi dapur, kamar mandi yang bisa diakses dengan kursi roda, langit-langit lebih dari sembilan meter dan jendela besar. Penyewa juga bakal memiliki akses ke unit penyimpanan dan ruang umum yang tersebar di seluruh bangunan.

Untuk memungkinkan bangunan ini terwujud, pemerintah kota harus menyampingkan zonasi dan kepadatan aturan saat ini yang membatasi apartemen tidak kurang dari 37 meter persegi.

Proyek ini diawasi oleh advokasi perumahan dan pengembang. Advokasi perumahan mengatakan, penciptaan mikro-apartemen yang lebih banyak, bisa membuka pilihan hidup lebih terjangkau bagi penduduk New York.

Kebanyakan unit-unit ini didedikasikan untuk para penduduk yang tinggal seorang diri sehingga bisa menekan pengeluaran harga sewa. Para lajang mencari apartemen yang lebih besar untuk bisa berbagi kamar dengan orang lain. Sementara dua sampai empat kamar tidur unit apartemen diperuntukan bagi penduduk keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com