Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat Membangun Rumah di Tepi Jurang

Kompas.com - 04/03/2015, 16:22 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Sebuah hunian vertikal di Portland, Oregon, Amerika Serikat, dibangun di atas lahan yang sebelumnya tak bisa digunakan. Posisi lahan berbatasan dengan jurang. Hunian mustahil ini bernama "Tower House".

Arsitek “Tower House”, Ben Waechter, menyiasati lokasi curam tersebut dengan mengembangkan bangunan yang hanya menghabiskan lahan 50 meter persegi. Selain itu, perancangan bangunan empat lantai tersebut juga menggunakan konsep “pembangunan vertikal” sebagai rumah hemat biaya untuk keluarga.

Tiga dari empat lantai, masing-masing hanya berisi satu ruangan. Hal ini memastikan interior terkesan lebih luas. Kamar tidur utama ditempatkan pada lantai terendah. Sedangkan dua lantai teratas mengakomodasi ruang tamu serta kombinasi antara dapur dan ruang makan.

"Ruangan pada Tower House sangat luas dan tinggi. Luas ruangan diselesaikan dengan kayu oak putih yang dipernis. Hal ini membuat kamar terlihat sederhana, sunyi, tenang terbuka, serta terasa aman," ujar Waechter.

Gerbang rumah ini dibuat dengan jembatan yang mengarah langsung pada lantai kedua. Hal tersebut dibuat untuk mengimbangi perubahan dua lantai antara dasar bangunan dan jalan raya.

dezeen Gerbang rumah ini dibuat dengan jembatan yang mengarah langsung pada lantai kedua. Hal tersebut dibuat untuk mengimbangi perubahan dua lantai antara dasar bangunan dan jalan raya.

“Sebuah beranda tersembunyi dibangun sebagai ruangan yang langsung mengarah ke balkon besar yang terlindung di sudut Timur Laut bangunan. Di luarnya, sebuah lobi ringkas menyediakan penyangga antara pintu masuk dan ruang makan,” lanjut Waechter.

Ruang utama di lantai atas juga langsung mengarah pada balkon tersembunyi. Sementara kamar tidur di lantai bawah dilengkapi dengan teras.

“Kamar tidur memiliki skala kedekatan yang membuat penghuninya merasa terselip dan tersembunyi. Hal ini benar-benar menjaga privasi penghuni,” tandas Waechter.

Waechter juga menambahkan, dua kamar tidur tambahan disediakan pada lantai pertama. Kedua kamar tersebut juga dilengkapi fasilitas kamar mandi.

Pada luar bangunan, Tower House dilapisi dengan baja bergelombang hitam yang menciptakan garis-garis vertikal. Memunculkan bangunan seakan lebih tinggi. Material melekuk di setiap sudut membuat perataan permukaan tak lagi diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com