Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penyakit, Power Produksi Pipa Bebas Timbal

Kompas.com - 03/03/2015, 21:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda, air yang kita konsumsi dan gunakan sehari-hari untuk memasak, mandi, cuci, dan kakus kemungkinan tercemar? Siapa yang dapat menjamin air yang kita konsumsi bersih dan bebas pencemaran?

Product Specifier Power, Septian, mengatakan, ada beberapa faktor yang mengakibatkan air yang dikonsumsi sehari-hari tercemar. "Salah satu kemungkinannya bisa diakibatkan oleh jaringan pipa yang digunakan untuk instalasi air," ujar Septian saat peluncuran produk Power, di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2015).

Septian menjelaskan, selama ini, sedikit sekali orang yang peduli terhadap produk pipa. Padahal, pipa memiliki banyak jenis dan kegunaan. Selain itu, menurut dia, kebanyakan produk pipa yang beredar di pasaran, mengandung timbal sebagai bahan pencegah korosi. Timbal yang larut dalam air dan dikonsumsi oleh masyarakat, bisa mengakibatkan penyakit.

Lebih jauh, Brand Strategic Marketing Power Frenky Tansanjaya menjelaskan, penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh timbal pada manusia, bisa berbagai macam. "Untuk anak-anak, mereka lebih rentan terkena dampak timbal mulai dari terhambatnya IQ hingga mengganggu fase pertumbuhan," jelas Frenky.

Bagi orang dewasa, lanjut dia, gangguan kesehatan akibat timbal antara lain, gangguan syaraf, ginjal, hingga sistem reproduksi dan fungsi paru-paru.

Oleh karena itu, menurut Septian, perlu ada terobosan baru melalui pengembangan pipa yang tidak mengandung timbal. Pipa Power misalnya, sudah teruji ISO, manajemen mutu, dan manajemen keselamatan kerja.

"Proses produksinya juga mengacu pada pemilihan bahan baku yang sesuai tanpa mengandung timbal," kata Septian.

Pipa Power terbuat dari UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride, yaitu bahan berkualitas tinggi sehingga memiliki banyak kelebihan dibanding materi polimer lainnya. Selain tahan korosi, Septian mengklaim, produknya juga kuat terhadap tekanan, ringan, lentur, dan mudah dalam penyambungan.

Pipa Power memiliki berbagai tipe berdasarkan kualitas dan kelasnya, yaitu Pipa PVC tipe ketebalan tinggi yang mampu menahan tekanan sampai 10 kilogram per sentimeter persegi, tipe ketebalan sedang yang mampu menahan tekanan 5 kilogram per sentimeter persegi, dan tipe paling tipis yang digunakan untuk saluran pembuangan atau sebatas pelindung kabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com