Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Berkonsep "Green", Mengajak Anak TK Kembali Bertani

Kompas.com - 02/03/2015, 17:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis


KOMPAS.com
- Terletak di lahan seluas 3.800 meter persegi, Farming Kindergarten atau Taman Kanak-kanak Pertanian yang didesain oleh Vo Trong Nghia Architects merupakan sebuah karya arsitektur mengejutkan.

Proyek ini, secara tidak langsung, mencoba untuk mengembalikan kekuasaan pada rakyat. Di negara yang memiliki sejarah panjang pertanian seperti Vietnam, ekonomi manufaktur tumbuh pesat berasal dari tanah, koneksi manusia terhadap lingkungan alam semakin berubah.

TK ini berusaha untuk memasukkan dua kegiatan paling penting untuk anak-anak, yaitu belajar dan menanam bahan makanan.

Gedung ini terletak di Bien Hoa, Dong Nai, Vietnam. Menurut arsiteknya, TK Pertanian terletak di sebelah pabrik besar, yaitu tempat bekerja para orang tua dari 500 anak-anak yang terdaftar.

Dalam rangka menjaga dan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan lingkungan alam, TK Pertanian memiliki konsep sebagai gedung hijau yang berkelanjutan, menyediakan makanan dan pengalaman pertanian untuk anak-anak, serta taman bermain yang luas.

http://freshome.com/ Dalam rangka menjaga dan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan lingkungan alam, TK Pertanian memiliki konsep sebagai gedung hijau yang berkelanjutan, menyediakan makanan dan pengalaman pertanian untuk anak-anak, serta taman bermain yang luas.

Gedung beratap hijau dan berbentuk cincin kembar tiga ini saling bertautan sehingga menciptakan tiga halaman bermain yang aman. Baru-baru ini, sebuah kebun sayur eksperimental dibangun di atasnya. Lima jenis sayuran yang berbeda ditanam di kebun berukuran 200 meter persegi untuk mengedukasi anak-anak tentang pertanian.

Terdapat satu sisi atap yang menurun ke halaman untuk menyediakan akses bagi siapapun ke kebun sayuran di atap gedung tersebut. Di sana, anak-anak bisa belajar pentingnya pertanian dan memulihkan hubungan dengan alam.

http://freshome.com/ Selain berpartisipasi pada kesehatan, fungsi-fungsi di dalam gedung ini juga memberikan edukasi pada anak-anak.

Dirancang untuk memaksimalkan cahaya dan asupan udara segar, taman kanak-kanak modern ini dibungkus oleh fasad tanaman hijau. Tidak hanya itu, berbagai fiturnya pun ramah lingkungan, seperti pemanas air memanfaatkan tenaga surya. Sementara air limbah didaur ulang dari pabrik terdekat untuk digunakan sebagai irigasi dan menyiram toilet.

Selain berpartisipasi pada kesehatan, fungsi-fungsi di dalam gedung ini juga memberikan edukasi pada anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com