Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggiurkan... Kondominium Sewa Mendominasi Pasar 80 Persen!

Kompas.com - 18/02/2015, 12:36 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar apartemen sewa pada dasarnya dibagi tiga, yaitu apartemen sewa oleh pengembang, apartemen servis oleh operator, dan kondominium sewa atau condo-for-lease. Dari ketiga jenis apartemen tersebut, condo-for-lease saat ini paling besar segmennya.

Condo-for-lease adalah apartemen yang dijual pada individu, kemudian ditawarkan kembali ke pasar sewa. Pasarnya cukup bagus.

"Lebih kurang 80 persen dari total pasokan yang ada merupakan condo-for-lease," ujar Head of Research and Advisory Cushman & Wakefield Arief Rahardjo, di Gedung BEJ, Selasa (17/2/2015).

Arief menjabarkan, total pasokan kumulatifnya sebanyak 63.294 unit. Dari total itu, apartemen sewa dan servis adalah 7.120 unit. Sementara jumlah condo-for-lease adalah 56.174 unit.

Saat ini, dengan jumlah pasokan sangat besar, lanjut dia, okupansi condo-for-lease pun ikut terpengaruh secara keseluruhan.

"Untuk keterhunian, di condo-for-lease memang terendah dari segmen lainnya karena memang jumlah unitnya juga paling banyak," kata Arief

Melalui perincian yang ada, Arief menjelaskan bahwa okupansi tertinggi ada pada apartemen sewa, yaitu sekitar 83 persen. Adapun apartemen servis sekitar 76 persen dan condo-for-lease mencapai 60,8 persen.

Harga bervariasi

Saat ini dari ketiga segmen apartemen sewa itu, kisaran harga condo-for-lease sulit diprediksi. Pasar di sektor ini sangat kompetitif.

"Harganya juga bervariasi sebab dari fiturnya atau spesifikasinya bisa berbeda," jelas Arief.

Lewat gambaran kasar, Arief menuturkan, harga sewanya terkoreksi menjadi sekitar 18 dollar AS atau Rp 230.588 per meter persegi. Sementara itu, pada segmen apartemen servis, harganya saat ini berada pada kisaran 28 dollar AS atau Rp 358.692 per meter persegi. Adapun pada segmen apartemen sewa, harganya hampir sama dengan condo-for-lease.

Harga sewa ini, kata Arief, diprediksi akan stabil menjelang akhir kuartal I 2015. Apartemen sewa diprediksi akan mengalami peningkatan secara terbatas dikarenakan tingginya tingkat persaingan. Apartemen sewa akan terus bertambah pasokannya.

"Pada 2015, diprediksi akan ada penambahan sebanyak 20.400 unit," ucap Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com