Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Depan, Suku Bunga KPR BTN Turun

Kompas.com - 15/02/2015, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), Mansyur Nasution, mengatakan, BTN akan memotong suku bunga tetap kredit pemilikan rumah (KPR). Pemotongan suku bunga ini merupakan bagian dari kebijakan sebelum Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Pemberlakuannya mulai 1 Maret 2015. KPR kita untuk yang non-subsidi turun 0,75 persen, sementara yang subsidi bisa dipangkas lagi sampai 2 persen," tutur Mansyur, saat peresmian Indonesia Property Expo 2015, di Jakarta Convention Center, Sabtu (14/2/2015).

Hingga saat ini, menurut Mansyur, bunga KPR BTN tetap berada pada kisaran 11 persen hinggga 13 persen. Suku bunga ini akan diturunkan 200 sampai 300 basis poin untuk KPR subsidi, dan 50-75 basis poin untuk KPR non-subsidi. Ada pun untuk pengajuan KPR pertama, nasabah tetap dikenakan suku bunga 9,25 persen.

Mansyur menjelaskan, suku bunga KPR BTN tersebut lebih ringan ketimbang bank lain. Sebesar 80 persen, dananya berasal dari pemerintah.

"Jika nantinya pemerintah menurunkan kembali suku bunga, kami pun akan mengikutinya. Kalau pemerintah ingin bunga lebih kecil, itu wajar. Kami, Bank BTN, mendukung arahan pemerintah. Bagaimana modelnya kita lihat arahan pemerintah ke depan," tandas Mansyur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com