Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Makin Digandrungi, Ini Sebabnya...

Kompas.com - 12/02/2015, 11:08 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Research Savills PCI Anton Sitorus mengatakan, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, peminat apartemen meningkat. Dibandingkan era tahun 2000, selama sepuluh tahun ini apartemen banyak diburu pembeli. 

Para pembeli tersebut didominasi oleh penghuni tetap dan investor. Anton menilai, para end user membeli apartemen karena kehidupan kota yang semakin tak menentu. Sementara itu, bagi investor, apartemen dianggap sebagai aset yang bisa digunakan di masa depan.

"Sejak 2013, porsi end user naik akibat situasi kota yang tidak mendukung untuk mereka pulang ke rumah, misalnya macet," ujar Anton pada paparan 'Jakarta Property Market Outlook' di Panin Tower, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Anton menjelaskan, para investor yang saat ini membeli unit dalam jumlah banyak atau lebih dari satu bisa memanfaatkannya dalam beberapa waktu mendatang.

Sementara itu, senada dengan Anton, President Director Savills PCI Jeffry Hong, para investor membeli unit apartemen dan menyimpannya untuk keluarga mereka. Apartemen menjadi invetasi keluarga.

"Orang-orang sekarang membeli untuk masa depan. Dua, tiga unit, atau satu lantai apartemen, dengan harapan anak-anak mereka kembali dari sekolahnya," jelas Hong.

Persiapan itu, lanjut dia, dimanfaatkan selama anak-anak mereka belum bisa menghuni unitnya. Seperti diketahui, harga sewa unit apartemen tidak akan turun.

"Kelak di 2015 dan seterusnya, harga sewa apartemen bisa mengalami peningkatan sampai 20 persen," tutur Hong.

Adapun menurut Technical Advisor, Rupert Provest, peningkatan minat masyarakat terhadap apartemen juga diakibatkan banyaknya fasilitas yang ditawarkan, mulai fasilitas keamanan hingga hiburan.

"Keamanan terjamin, ada fasilitas-fasilitas penunjang, kolam renang, mal. Ini seperti gaya hidup baru yang lebih menyenangkan yang tidak didapatkan dari rumah tapak," kata Rupert.

Baca: "Segitiga Emas" Gading Serpong Bersiap Jadi CBD Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com