Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Janji Kurangi 5.000 Desa Tertinggal dalam Lima Tahun

Kompas.com - 10/02/2015, 18:00 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan mengurangi desa tertinggal sebanyak 5.000 desa hingga 2019 mendatang. Salah satu caranya adalah dengan membangun infrastruktur transportasi yang dapat menjangkau desa-desa tertinggal di Indonesia.

Saat ini, berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, masih terdapat 17.268 desa tertinggal di Indonesia. Jumlah tersebut mengacu pada total 74.050 desa yang ada.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar, akan mengurangi jumlah desa tertinggal dengan cara pengembangan infrastruktur transportasi guna meningkatkan konektivitas masyarakat yang berada pada desa-desa tertinggal.

Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

"Nanti akan dibangun sub-transportasi perdesaan untuk masyarakat di desa tertinggal. Sifatnya mobil. Kesulitan di daerah tertinggal itu karena lokasi desa tertinggal yang jauh serta minimnya infrastruktur transportasi," ujar Marwan di Gedung DPR/MPR, Selasa (10/02/2015).

Untuk pembangunan infrastruktur tersebut, Lanjut Marwan, pembiayaan akan diberikan dari Dana Anggaran Kementerian (DAK). Sayangnya, Marwan belum bisa memberikan berapa jumlah pasti anggaran tersebut.

"Angkanya belum selesai dibahas di Badan Anggaran. Masih dikalkulasikan," tandas Marwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com