Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Langkah Ini Supaya "Mood" Lebih Baik di Pagi Hari

Kompas.com - 29/01/2015, 09:02 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com -- Setiap hari, Anda disibukkan oleh rutinitas bekerja yang dimulai sejak pagi hari. Seringkali Anda tidak bersemangat karena merasakan suasana pagi tidak mendukung.

Berikut beberapa ulasan yang bisa dilakukan untuk menciptakan kondisi kamar yang membuat "mood" Anda pada pagi hari terasa lebih baik.

1. Pilih warna yang tepat

Memilih warna kamar tidur yang tepat, bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur dan juga saat Anda terjaga. Beberapa ahli merekomendasikan kuning, hijau, atau oranye untuk meningkatkan energi dan konsentrasi.

2. Mengetahui kondisi matras

Kualitas tidur malam hari yang baik, bisa memberikan Anda semangat untuk hari yang baru. Jadi, jika saat Anda bangun tidur dan merasa lebih lelah dari sebelumnya, khususnya pada bagian punggung, kemungkinan besar kasur Anda perlu diganti.

Sebelum membeli kasur, pastikan untuk mengetesnya terlebih dahulu dan memeriksa kebijakan perusahaan terkait pengembalian. Kasur yang nyaman dipakai selama 10 menit di toko mungkin tidak sama saat dipakai selama seminggu di rumah Anda.

3. Biarkan bersinar

Mendapatkan sinar matahari saat bangun tidur, merupakan cara efektif untuk meningkatkan "mood" di pagi hari. Cobalah untuk memindahkan tempat tidur di depan jendela, atau biarkan tirai terbuka sebelum Anda tidur.

Jika Anda adalah tipe orang yang perlu suasana gelap dan menutup tirai sebelum tidur, usahakan saat bangun segera buka tirai tersebut.

4. Batasi elektronik di kamar tidur

Salah satu penataan sederhana di kamar tidur untuk meningkatkan kualitas tidur malam yang lebih baik adalah dengan tidak meletakkan televisi. Menonton televisi sebelum tidur, bisa membuat Anda terjaga lebih lama dan menunda waktu tidur. Penelitian pun mengatakan bahwa cahaya biru dari layar bisa mengganggu tidur Anda.

5. Hangatkan lantai

Saat bangun tidur, apalagi di saat musim hujan, Anda akan merasa lebih nyaman ketika kaki tidak langsung menyentuh lantai yang dingin. Oleh sebab itu, Anda bisa meletakkan karpet di lantai kamar tidur, khususnya di samping tempat tidur.

6. Persiapkan sarapan pagi

Bangun tidur akan terasa sempurna jika Anda bisa menyantap kopi atau roti panggang setelahnya. Anda juga bisa menyiapkan nasi pada penanak nasi otomatis (magic jar) pada malam hari sebelum tidur. Perlu diingat, jangan pernah berangkat kerja tanpa sarapan pagi.

7. Setel lagu untuk alarm

Untuk memudahkan bangun tidur, Anda bisa menyiapkan daftar lagu-lagu sebagai alarm Anda. Jika Anda terbiasa menunda (snooze) alarm Anda, pertimbangkan untuk mengubah nada alarm.

Anda juga bisa menggunakan radio sebagai alarm. Trik lainnya, letakkan perangkat alarm Anda sedikit lebih jauh dari kasur. Dengan demikian, mau tidak mau, Anda harus beranjak dari kasur untuk meraih perangkat alarm tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com