Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jenisnya Sebelum Mengecat Rumah

Kompas.com - 23/01/2015, 17:26 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Elle Decor

KOMPAS.com - Produsen cat telah merumuskan produk baru yang mengurangi volatil organic cpmpound atau VOC yakni senyawa organik yang mudah menguap. Badan Perlindungan Lingkungan memperingatkan, VOC mungkin memiliki efek yang merugikan kesehatan.

Untuk itu, sebelum mengaplikasikan cat, pemilik rumah harus mengetahui berbagai jenis cat, antara lain ada cat yang berbasis air dan cat minyak.

Keuntungan cat berbasis air adalah rendah VOC, mudah dibersihkan dengan air, cepat kering, elastis, fleksibel, tahan terhadap retak, dan warna stabil dari waktu ke waktu, tanpa menguning.

Sementara keuntungan cat berbasis minyak adalah mengilau dengan menarik, cepat rata (dengan sapuan kuas), dan keras.

Mayoritas cat tembok yang dijual saat ini adalah berbasis air, tapi cat berbasis minyak tetap populer untuk mengilapkan kayu, pintu, dan furnitur, serta untuk permukaan seperti lantai.

Namun, ada pergeseran yang jauh dalam industri cat minyak. "Secara pribadi, saya tidak menggunakan minyak di mana saja di rumah saya," kata Sonu Mathew, desainer interior senior. "Karena teknologi akrilik hampir melampaui minyak."

Ketika cat berbasis minyak tradisional bekerja lebih baik, tetapi Anda menginginkan produk berbasis air, sejumlah perusahaan baru-baru ini memperkenalkan "waterbone enamel" atau "waterbone alkyds."

Cat ini terlihat dan berperilaku seperti dasar minyak, karena mereka memiliki kualitas yang baik untuk meratakan permukaan dengan halus, tapi memberikan peningkatan kinerja lingkungan.

Meski begitu berhati-hatilah ketika beralih ke cat berbasis air jika permukaan sebelumnya telah dilapisi dengan produk berbasis minyak, karena cat baru mungkin tidak akan menempel.

Dalam situasi ini, Sherwin-Williams merekomendasikan Anda untuk mencuci permukaan dan mengasarkan seluruhnya dengan medium untuk memperlancar amplas agar lebih bersih, kering, dan kusam untuk mencegah pengupasan lapisan baru.

Selain berbasis air dan minyak, terdapat pilihan cat sheen yang bervariasi tergantung produsen. Meski begitu terdapat beberapa karakteristik umum.

Cat Matte

Cat Matte adalah kemilau reflektif dengan tekstur beludru, membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan di dinding dan langit-langit, menawarkan kedalaman warna. Dianggap sesuai untuk dinding, tapi terkadang bisa sulit untuk dibersihkan.

Cat cangkang telur dan cat satin

Cat ini memiliki beberapa reflektivitas, menawarkan peningkatan daya tahan, sering digunakan di area, seperti dapur dan kamar mandi, di mana pembersihan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Elle Decor
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com