Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Praktis Menyusun Rak Buku

Kompas.com - 23/01/2015, 06:57 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber hometalk

KOMPAS.com - Tidak hanya bagi yang hobi membaca, Anda yang senang mendekorasi ruangan juga perlu rak buku. Mengapa? Selain bisa menyimpan koleksi buku kesukaan, Anda juga bisa meletakkan hiasan lain di dalam rak buku.

Berikut berbagai cara untuk menyusun rak buku.

1. Buat lapisan di dalam rak dari belakang ke depan sehingga Anda menggunakan seluruh kedalaman rak. Hal ini menciptakan pemandangan yang lebih menarik dari sekedar buku-buku dalam satu baris lurus.

Gunakan buku yang lebih besar di belakang rak dan buku-buku yang lebih kecil di bagian depan. Menggunakan buku dengan berbagai tinggi menambah kecantikan dari yang ditampilkan seluruhnya.

2. Gunakan berbagai tekstur pada setiap rak untuk menambahkan penampilan lain dan untuk memberikan perasaan yang lebih personal.

3. Gunakan berbagai benda pada setiap rak. Misalnya, alih-alih menempatkan semua buku pada satu rak dan lukisan pada rak yang lain, gabungkan keseluruhan benda ini bersama-sama.

Hal ini tidak hanya membantu untuk menciptakan tampilan yang lebih seimbang, tetapi juga memberikan tampilan yang lebih menarik. Kecuali, jika Anda menggunakan rak buku untuk menampilkan berbagai koleksi yang telah dikelompokkan.

4. Untuk rak buku sangat tinggi, misalnya hingga langit-langit atau berkubah, gunakan potongan-potongan yang lebih besar di rak atas untuk memastikan bahwa mereka dapat dilihat. Untuk langit-langit standar, gunakan potongan-potongan yang lebih besar di bagian bawah.

5. Cobalah menyertakan beberapa unsur alami untuk memberikan ruang pada organik dan tekstur. Misalnya, Anda bisa menambahkan tanaman hijau, tanaman kering atau plastik, kerang atau bahkan bunga.

6. Pastikan Anda membuat tampilan rak buku keseluruhan yang seimbang dari sisi ke sisi dan atas ke bawah.

7. Carilah wadah dekoratif seperti keranjang atau kotak yang indah untuk menyimpan barang-barang yang praktis seperti DVD dan mainan. Ini akan menjaga ruang tampak lebih rapi dan secara keseluruhan, akan tampak lebih menarik.

8. Biarkan ruang kosong! Kadang-kadang, kita merasa perlu untuk mengisi setiap inci dari rak sehingga kita tidak ingin menyia-nyiakan ruang, tetapi inilah yang sering menyebabkan rak buku tampak berantakan.

Meninggalkan sedikit ruang kosong di sana-sini pada rak buku membantu untuk memudahkan Anda mencari benda secara lebih terorganisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber hometalk

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com