Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Ini Produksi Listrik Sendiri

Kompas.com - 22/01/2015, 09:04 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

Sumber snohetta

KOMPAS.com - Sebuah rumah yang bebas emisi ternyata dapat juga memproduksi energi sendiri. Hal ini dibuktikan oleh ZEB Pilot House di Larvik, Norwegia.

ZEB merupakan sebuah rumah beratapkan panel solar yang dirancang oleh Snohetta bersama dengan Research Center on Zero Emission Buildings.

ZEB dapat memproduksi listriknya secara mandiri berkat atap panel solar. Dengan mencondongkan atap panel solar hingga mencapai sudut 19 derajat ke arah tenggara, cahaya matahari dapat diserap lalu dikonversi menjadi listrik.

snohetta ZEB dapat memproduksi listriknya secara mandiri berkat atap panel solar. Dengan mencondongkan atap panel solar hingga mencapai sudut 19 derajat ke arah tenggara, cahaya matahari dapat diserap lalu dikonversi menjadi listrik.

Tak tanggung-tanggung, listrik yang dihasilkan pun dapat menjalankan sebuah mobil elektrik sampai 12.500 mil.

Menurut arsitek pemimpin proyek ZEB Pilot House, Anne Cecilie Heug, posisi optimum untuk melakukan penyerapan cahaya matahari sebenarnya menyudut hingga 45 derajat. Namun, hal tersebut akan membuat rumah memiliki bentuk lucu serta sulit untuk dibuat.

snohetta Posisi optimum untuk melakukan penyerapan cahaya matahari sebenarnya menyudut hingga 45 derajat.

“Meski begitu, atap yang telah dicondongkan tersebut dapat dimodifikasi dan diaplikasikan pada  bangunan lain dengan orientasi berbeda. Rumah di Australia, misalnya, harus dicondongkan ke arah utara,” ujar Haug.

Bangunan-bangunan dengan fungsi yang berbeda, Haug melanjutkan, akan dapat memanfaatkan bentuk atap panel tersebut pada waktu tertentu dalam sehari.

“Sebuah gedung perkantoran tentu ingin memanen lebih banyak listrik pada tengah hari ketika semua orang menjalankan komputer mereka. Hal ini karena energi solar paling efisien ketika dipakai langsung (di saat sedang memproduksi listrik),” tambah Haug.

Karena dirancang untuk masyarakat, Snohetta berhati-hati dalam memasukkan seri organik sebagai bahan ZEB. Meski begitu, tetap akan mendapatkan sentuhan hemat energi di dalamnya.

“Ini adalah rumah berteknologi tinggi, tapi kami mengerjakannya agar seperti di rumah sendiri,” jelas Haug.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber snohetta
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com